30 Kata-Kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, Bangkitkan Semangat Indonesia

123Berita.com – Sumpah pemuda jatuh pada 28 Oktober 2020 atau tepatnya pada hari Kamis besuk. Hari Sumpah Pemuda menyimbolkan semangat, cinta, dan membangkitkan Bangsa Indonesia, selain itu  Sumpah Pemuda juga sebagai simbol persatuan para pemuda Tanah Air.

92 tahun yang lalu, awal mula adanya Sumpah Pemuda, hal tersebut dicetuskan untuk mengingat perjuangan para pemuda Indonesia yang berjuang keras mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda menurut wikipedia adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda sendiri merupakan keputusan dari Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia atau yang sekarang kita kenal dengan Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan itu juga diharapkan bisa menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari Kamis, berikut ini 30 kata-kata Sumpah Pemuda yang diambil dari beberapa sumber dan bisa kalian bagikan atau jadi status media sosial.

Kata-Kata Ucapan Sumpah Pemuda

1. “Kita jangan mewarisi abunya Sumpah Pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya Sumpah Pemuda.” – Bung Karno

2. “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” – Bung Karno

3. “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.” – Bung Karno

4. “Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang memercayai satu sama lain.” – Bung Karno

5. “Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu.” – Najwa Shihab

6. “Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki.” – Ridwan Kamil

7. “Tegas, lugas, dan berani itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu.”

8. “Kita ini pemuda yang bersumpah, yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus betul-betul diingat.”

9. “Tidak banyak yang bisa kami tulis untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya.”

10. “Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.”

author