4 Cara Mencegah Overheating di Ponsel

Ilustrasi (Dok. Istimewa)
Ilustrasi (Dok. Istimewa)

123berita.com – Smartphone alias telepon seluler (Ponsel) pintar pada dasarnya adalah pelengkap tambahan dalam hidup kita. Namun, seiring kian seringnya mengandalkan smartphone, mungkin kita merasa ketidakberdayaan saat bepergian tanpa membawa ponsel.

Begitu pula pada saat Ramadan ini, sering kali kita mengandalkan kamera di ponsel pintar untuk merekam momen sahur, berbuka, dan kegiatan berpuasa atau bermain gim. Akibatnya, smartphone sering menjadi panas karena pemakaian tiada henti. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengikuti tips berikut ini, dikutip dari siaran pers Seqara Communications, Senin (19/04/2021).

1. Istirahatkan smartphone

Ucapkan selamat tinggal untuk sementara pada laman media sosialmu dan biarkan ponsel beristirahat. Cara ini setidaknya bisa mendinginkan ponsel karena cahaya lampu di layar tidak menyala.

2. Simpan di tempat teduh

Hindari menaruh ponsel di bawah sinar matahari langsung, terutama pada siang hari yang sangat panas. Smartphone rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titik tertentu.

3. Turunkan tingkat kecerahan layar

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar telepon, semakin banyak pula kapasitas daya baterai diperlukan. Hal ini berimbas pada penggunaan energi besar sehingga menyebabkan panas di bodi ponsel.

4. Tutup aplikasi gim

Membuka aplikasi mobile game biasanya menguras lebih banyak daya baterai. Jika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama, mungkin saja menyebabkan kinerja prosesor ponsel menjadi berat dan panas.

BACA JUGA