4 Perpustakaan Online Yang Dapat Dikunjungi Secara Gratis dan Lengkap

123Berita.com – Di masa pandemi seperti ini hampir semua kegiatan belajar mengajar secara offline dihentikan, hal ini dilakukan untuk memutus rantai covid19 oleh karena itu diberlakukan yang namanya KBM online.

Sebenarnya efektif gak efektif sih tapi mau bagaimana lagi memang keadaan yang memaksa seperti ini, daripada diliburkan lebih baik diberlakukan secara online saja. Namun, sebenarnya untuk menambah ataupun memperdalam ilmu perlu yang namanya membaca dan dengan hadirnya perpustakaan menjadi solusi.

Tahukah kalian, ternyata perpustakaan tak hanya tersedia offline saja, online pun juga ada. Banyak sekarang perpustakaan online yang bisa dikunjungi dengan gratis dan lengkap. Penasaran apa saja daftarnya ? Berikut ini akan 123Berita kepada kalian beberapa perpustakaan online yang bisa menjadi sarana memperdalam ilmu kalian.

4 Perpustakaan Online Yang Bisa Diakses Dengan Gratis

  • Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Yang pertama ada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan yang satu ini merupakan milik negara dan bertujuan untuk mencerdaskan anak Bangsa.

Dengan adanya Perpustakaan digital online ini memudahkan mereka yang sedang mencari referensi pembelajaran seperti ebook, jurnal, dan karya-karya lainnya.

Setiap anggota di platform ini yang telah memiliki nomor anggota sah bisa mengakses dan memanfaatkan layanan ini. Selain gratis, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia termasuk perpustakaan online yang lengkap. Untuk mengunjunginya, kalian bisa klik link di samping ini. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

  • Google Scholar

Google Scholar merupakan perpustakaan online yang dimiliki oleh raksasa search engine asal Amerika, Google. Perpustakaan digital ini pertama kali rilis pada tahun 2014 dan untuk mengaksesnya sangat gampang sekali. Google Scholar sendiri merupakan perpustakaan online terbaik di Dunia.

Di Google Scholar sendiri banyak sekali referensi yang komplit dan berkualitas. Mulai dari para mahasiswa dan juga dosen memanfaatkan situs ini sebagai acuan untuk mencari ide dan pemecah masalah soal. Untuk mengunjungi platform ini, kalian bisa mengetikkan di Google Search https://scholar.google.com.

  • Garba Rujukan Digital (Garuda)

Garba Rujukan Digital atau yang memiliki singkatan Garuda merupakan perpustakaan online yang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek). Platform ini memiliki kurang lebih 1636 penerbit, 9509 jurnal, 153 konferensi dan juga yang terakhir 40 subyek. Untuk mengunjungi perpustakaan online yang satu ini bisa langsung ketikan kata kunci “Garba Rujukan Digital” di mesin pencarian Google dan hasil teratas adalah platformnya.

  • Academia

Yang keempat ada Academia. Bukan hal yang asing lagi jika Academia merupakan referensi bagi mahasiswa maupun dosen mencari bahan atau ide. Platform ini biasanya memberikan referensi dalam bentu paper baik itu dalam bentuk file word, ppt, pdf, dan lain sebagainya.

Diperkirakan sudah ada kurang lebih 125 juta pengguna yang bergabung di Academia. Untuk mengakses laman ini, kalian bisa langsung ketikan saja Academia.edu di mesin pencarian Google dan kalian akan langsung diarahkan.

author