4 Skills Ini Wajib Dimiliki Untuk Digital Marketing Pemula

123Berita.com, 4 Skills Ini Wajib Dimiliki Untuk Digital Marketing Pemula – Di jaman yang modern ini, orang-orang lebih condong memanfaatkan digital untuk mengaih pundi-pundi uang, tak khayal sekarang banyak yang berbondong-bondong untuk belajar ilmu atau skill tentang pemasaran via digital atau yang biasa dikenal dengan digital marketing.

Belajar Digital Marketing
Belajar Digital Marketing

Bermain digital marketing tak serta merta memasarkan langsung laku produknya, ada langkah demi langkah yang harus dipelajari dan tentunya ilmu digital marketing akan terus berkembang dan update dengan seiring berjalannya waktu.

Ada lebih dari lima skill yang harus dikuasai oleh pemula yang ingin memasarkan produknya lewat digital, penasaran apa saja skill itu ? Berikut ini empat skill digital marketing yang wajib dikuasai oleh pemula.

  • SEO / Search Engine Optimization

SEO atau yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization merupakan skill yang harus dikuasai oleh pemula jika ingin belajar digital marketing. SEO merupakan salah satu cara memasarkan produk lewat mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan masih banyak lagi.

SEO sendiri caranya dibagi menjadi dua macam yakni On Page dan Off Page. Untuk On Page sendiri, pemain diharuskan mengoptimasi dalam dari moneysite atau website yang akan dijadikan landing page. Teknik On Page disini meliputi optimasi artikel, kecepatan situs, ukuran gambar, koding, dan masih banyak lagi.

Untuk SEO Off Page sendiri merupakan teknik optimasi yang mengharuskan pemain mengoptimasi bagian luar website. Maksudnya gimana ? Maksudnya adalah pemain diharuskan memberi makan moneysite berupa backlink, hal ini bertujuan agar website yang diberi backlink lebih kuat bersaing dengan website kompetitor di mesin pencarian atau Search Engine.

Dengan adanya dua teknik ini, pemula yang ingin belajar digital marketing diwajibkan mengetahui soal SEO On Page dan Off Page.

  • SEM / Search Engine Marketing

SEM atau kepanjangan dari Search Engine Marketing merupakan skill digital memasarkan produk atau brand awareness dengan cara beriklan. Disini SEM mengharuskan pemain top up atau mengisi saldo agar iklannya bisa terus aktif.

Ada beberapa media sosial yang bisa dijadikan sebagai iklan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Selain itu, muncul satu platform yang baru booming saat ini dan bisa dijadikan sebagai ajang iklan produk kalian, yakni TikTok.

Selain di platform media sosial, kalian juga bisa beriklan di mesin pencarian seperti Google dengan membuka laman https://ads.google.com/.

  • Content Marketing

Hal ketiga yang harus dipelajari soal digital marketing yakni content. Banyak blogger atau publisher yang menganggap “Content is King”. Maksudnya gimana ? Maksudnya adalah kualitas konten di algoritma Google terbaru ini merupakan pedoman penting, oleh karenanya konten yang berkualitas, konten yang bagus bisa menjadi senjata untuk mengkonversi barang dan mendapatkan profit.

  • SMM / Social Media Marketing

Siapa sih yang tak bermain medsos di jaman modern ini ? Hampir semua kalangan bermain baik itu Instagram, Twitter, maupun Facebook.

Cara keempat disini yakni menggunakan Social Media Marketing. Memanfaatkan Social Media sebagai alat untuk jualan merupakan cara yang bijak dan efektif.

Disini, pemula diwajibkan untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan sosial media dan menghasilkan cuan.

Nah itu sedikit skill yang wajib dikuasai oleh pemula yang ingin belajar digital marketing. Jika kalian ingin belajar dunia IM atau digital marketing, bisa kunjungi salah satu website rekomendasi saya di belajardm.com.

author