4 Strategi Marketing Ampuh dan Cara Melakukannya

Ilustrasi (Foto: Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

2. Scale-up Produk, Berikan Sentuhan Personal ke Strategi Marketing

Selain itu, pengembangan dari sisi produk (product management) juga tidak kalah penting. Setidaknya, ada tiga faktor menjadi dasar Randol mengembangkan produk.

Pertama, produk harus extraordinary di mana Randol saat itu sebagai pelopor minuman cendol susu yang belum banyak ada di pasaran, bahkan melawan arus tren pasar yang lebih menggemari minuman berbahan dasar bubble.

Kedua, tentukan USP (unique selling proposition) dari produk yang bukan hanya sekadar unik, tapi juga punya nilai jual. Ketiga adalah adanya unsur history dengan memasukkan cerita dari nilai produk sehingga pelanggan dapat melihat nyawa brand kita di setiap produk.

“Pastikan nilai produk bisa memberikan customer experience yang positif agar secara otomatis dipromosikan dari mulut ke mulut (words of mouth). Bangun positioning yang tepat. Tanyakan ke diri sendiri dan tim, ingin dikenal sebagai apa bisnis Anda di mata konsumen,” ujar Danu.

Mengembangkan produk kuliner seperti Randol, Danu juga memastikan jika produknya sesuai dengan selera masyarakat di daerah/kota yang ingin ia tuju dengan cara blind testing serta kuesioner.

Selain itu, walaupun Randol bermula dari kios kecil, Danu memastikan seluruh pegawainya memiliki SOP (Standard Operating Procedure) dan KPI (Key Performance Indicator) yang ketat agar kualitas yang disampaikan kepada konsumen dapat terjaga.

BACA JUGA