5 Analisa Fundamental Saham Dengan Benar Untuk Investasi Masa Depan

5 Analisa Fundamental Saham Dengan Benar Untuk Investasi Masa Depan
5 Analisa Fundamental Saham Dengan Benar Untuk Investasi Masa Depan

123Berita.com – Di masa yang sulit ini terutama saat pandemi, ekonomi benar-benar berjatuhan, terutama di dunia saham. Awal tahun 2020 harga saham benar-benar hancur dan tak beraturan, IHSG anjlok dalam sekali.

Hancurnya harga saham karena pandemi covid 19 bukan hanya terjadi di Indonesia saja tetapi seluruh dunia.

Namun tahukah kalian sebenarnya ada cara lain yakni dengan melakukan analisa fundamental pada saham. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa sih yang dimaksud analisa fundamental saham itu ? Oke, analisa fundamental saham adalah cara berinvestasi di pasar modal yang mendatangkan keuntungan, aman dan jaminan hidup tenang.

Ada beberapa hal pokok yang perlu kalian ketahui dalam melakukan analisa fundamental saham, apa saja sih itu ?

Hal Penting Dalam Melakukan Analisa Fundamental Saham

1. Pilih Perusahaan yang Bagus dan juga Solid

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum analisa fundamental saham yakni memilih perusahaan yang bagus, terpercaya, dan juga solid.

Memilih perusahaan yang benar dalam artian adalah memiliki kinerja, keuangan, dan juga prospek yang sangat bagus, terjamin, dan terpercaya untuk masa mendatang.

2. Kuasai Laporan Keuangan

Hal kedua yang benar-benar harus diperhatikan yakni kuasailah laporan keuangan dengan baik dan benar. Dalam hal ini berarti bagaimana membaca dan menganalisa laporan keuangan perusahaan.

Setiap industri tentu berbeda-beda soal indikator. Indikator disini berarti mencari saham terbaik dalam membaca dan menganalisa laporan keuangan.

Menggali ilmu laporan keuangan, membedah analisis fundamental rasio. Hal tersebut bukanlah perkara mudah dan tentu butuh mempelajarinya dengan serius. Buat bisa menguasai soal laporan keuangan dengan mumpuni, Anda butuh paham bisnis perusahaan tersebut.

3. Carilah Informasi Yang Benar-Benar Valid

Hal ketiga yang harus kalian lakukan dalam analisa fundamental saham yakni cari informasi yang valid. Dalam hal ini berarti kalian harus mengetahui sumber informasi soal saham, soal kinerja keuangan emiten, latar belakang perusahaan, dan corporate action menjadi penting.

Persoalan latar belakang perusahaan ini sangat penting sekali, apakah perusahaan tersebut benar-benar sehat atau tidak, benar-benar telah memiliki pengalaman atau tidak.

4. Analisa Fundamental Saham Untuk Jangka Panjang

Untuk persoalan analisa fundamental saham tak mungkin kalian berharap setiap hari, setiap saat mendapatkan profit atau cuan.

Analisa fundamental saham diberlakukan untuk keuntungan jangka panjang, jadi jangan berharap dalam jangka pendek akan mendapatkan cuan atau profit terus menerus.

Jika kinerja dari perusahaan sangatlah bagus dan sehat, maka dengan sendirinya harga saham akan merefleksikan kondisi perusahaan yang bagus. Namun disini saya tekankan, tak ada perusahaan yang benar-benar perfect atau sempurna.

5. Sabar, Kunci Kesuksesan !

Dalam melakukan analisa fundamental saham, anda bisa mempelajarinya di beberapa platform seperti buku, website, atau webinar.

Namun dalam melakukan hal ini, yang paling sulit adalah sabar. Kenapa sabar ? Sabar disini berarti siap menerima hiruk pikuk soal pergejolakan harga saham di dunia.

Nah bagaimana, sudah paham belum soal analisa saham ? Semoga berita ini bermanfaat bagi kalian.

BACA JUGA