5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Data Center Untuk Bisnis Anda

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Data Center Untuk Bisnis Anda
5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Data Center Untuk Bisnis Anda

123berita.com – Data center menjadi hal yang penting untuk mengembangkan bisnis anda saat ini. Selain untuk menampung data-data perusahaan, data center juga digunakan sebagai penempatan server untuk website dan database.

Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, data center tentu didukung dengan kemampuan mencadangkan data dengan jumlah yang besar. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hilang atau terhapusnya data karena data center telah memiliki kapasitas cadangan data yang sangat besar.

Dengan fungsi yang sangat penting dari data center tersebut, tentu ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan untuk mendukung kinerja data center. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dari data center:

1. Sumber Daya Listrik

Suatu data center tentu akan membutuhkan sumber daya listrik untuk menjalankannya. Semakin baik pemasangan sumber daya listrik maka akan semakin baik pula pusat data mampu bekerja. Data center juga sangat memerlukan adanya sistem power supply yang baik. Power supply digunakan untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik yang dapat mengganggu kinerja data center.

2. Sistem Pemrosesan dan Penyimpanan

Kecepatan dalam memproses dan menyimpan data tenru menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Pada masa yang telah mengalami banyak perkembangan teknologi ini, telah banyak prosesor yang bermunculan yang mendukung multi core untuk mendukung kecepatan pemrosesan data.

kecepatan pemrosesan dan penyimpanan pada pusat data ini dimaksudkan untuk menjaga performanya. Prosesor yang mendukung multi core akan mendorong kecepatan pemrosesan dan penyimpanan hingga hitungan jam bahkan menit.

Selain kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan juga sangat penting. Penambahan kapasitas perlu dilakukan dengan disesuaikan pada kebutuhan bisnis atau organisasi. Hal tersebut dapat mendukung kebutuhan jumlah alokasi data yang diperlukan.

3. Sistem Keamanan

Berbisara mengenai pusat data, sistem keamanan jelas patut diperhatikan karena menyangkut keamanan dalan organisasi atau bisnis. Keamanan dalam data center dapat ditunjang dalam akses fisik dan dikontrol sepenuhnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan konfirmasi indentitas melalui sebuah biometrik serta video log-in untuk memantaunya.

Keamanan dalam pusat data ini dilakukan untuk menghindari gangguan secara internal maupun eksternal seperti aktivitas hacking ataupun pencurian data. Suatu perusahaan baiknya menggunakan jasa cyber security untuk membantu manajemen sistem keamanan.

4. Bandwith

Semakin berkembangnya siatu bisnis atau organisasi, maka kebutuhan bandwith semakin meningkat. Berbagai kebutuhan pemasaran, pendaftaran produk, iklan, dan lain sebagainya sangat membutuhkan bandwith dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, bendwith menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk diperhatikan dalam mendukung suatu bisnis saat ini.

5. IP Provider

Di era digitalisasi ini, internet berkecepatan tinggi tentu sangat diperlukan. Bagaimana tidak? suatu data center juga sangat membutuhkan kecepatan internet untuk melakukan berbagai aktivitas seperti penyimpanan dan pengiriman data.

Dalam urusan kecepatan internet, saat ini telah banyak provider yang menawarkan internet berkecepatan tinggi. Untuk menghemat, pelaku bisnis dapat menyewa sebuah provider daripada harus membeli sebuah saluran khusus.

Setelah mengetahui apa itu data center dan memahami hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut, anda dapat mulai membangun dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan bisnis dan organisasi. (dev)

BACA JUGA