5 Manfaat Utama Aplikasi Web untuk Bisnis

Manfaat utama Aplikasi Web untuk bisnis
Manfaat utama Aplikasi Web untuk bisnis

123Berita.com – Dengan internet yang sudah menjadi hal yang biasa di hampir setiap tempat kerja di Indonesia khususnya masa pandemi di tahun 2021 ini, aplikasi web telah menjadi alat yang semakin penting untuk bisnis.

Seorang blogger dan praktisi teknologi bisnis Rifqi Mulyawan menjelaskan bahwa penggunaan yang paling umum aplikasi berbasis web adalah komunikasi dengan pelanggan, kolaborasi dengan karyawan, penyimpanan data yang aman, dan penyediaan data dan informasi kepada manajemen.

Apa itu Aplikasi Web?

Aplikasi web adalah program komputer yang memungkinkan Anda untuk masuk ke alamat web untuk mengirim dan mengambil data dari database melalui internet.

Seringkali, program ini dikembangkan menggunakan teknologi web seperti HTML, CSS, JS, dan lain sebagainya serta dapat diakses menggunakan browser web pilihan Anda, sebagai contoh misalnya seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer dan lainnya.

5 Manfaat Aplikasi Web untuk Bisnis Anda

1. Peningkatan Efisiensi

Memiliki beberapa versi spreadsheet atau mengacak-acak tumpukan dokumen tidak hanya memakan waktu, tetapi juga dapat membuat bisnis Anda rentan terhadap kesalahan manusia yang tidak mudah terlihat hingga terlambat.

Terlebih lagi, tanpa integrasi antara berbagai sumber data ini, replikasi data yang memakan waktu dan melelahkan mungkin diperlukan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kinerja bisnis.

Rifqi mengatakan, aplikasi web membantu Anda merampingkan proses bisnis Anda sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat dan dengan akurasi yang lebih baik.

Terlebih lagi, memiliki semua data Anda terintegrasi di satu tempat memberi Anda visibilitas yang lebih besar dari bisnis Anda, membebaskan waktu staf dan memungkinkan Anda untuk menjalankan laporan yang diperbarui dengan informasi real-time.

2. Aksesibilitas Non-Stop

Mengingat sistem bisnis yang dibuat oleh aplikasi web berbasis web, maka dapat diakses 24/7 non-stop asalkan Anda memiliki koneksi internet. Kalian dapat melihat contoh aplikasi web Rifqi Mulyawan yang dibuat dengan praktik SEO yang baik.

Selain itu semua, mereka benar-benar fleksibel, menawarkan akses dari hampir semua perangkat atau browser. Ketika perangkat lunak berbasis desktop perlu diperbarui, setiap perangkat tempat aplikasi diinstal perlu diperbarui secara individual. Tugas ini biasanya jatuh ke staf dan dapat diabaikan jika mereka terdesak waktu, membuat bisnis Anda rentan terhadap pelanggaran keamanan.

Bandingkan ini dengan aplikasi berbasis web, di mana pembaruan keamanan atau fungsionalitas dapat diluncurkan ke setiap versi aplikasi web tanpa waktu henti, memberikan pengguna akses instan ke versi aplikasi yang diperbarui.

3. Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Dengan perangkat lunak berbasis desktop, komputer yang dicuri atau rusak dapat menjadi situasi yang sangat mahal dan memakan waktu; meninggalkan data Anda dalam risiko dan mengharuskan Anda untuk menghubungi penyedia perangkat lunak Anda dan meminta perangkat lunak untuk diinstal ulang pada perangkat baru.

Dengan aplikasi berbasis web (dengan data yang disimpan di cloud), Anda akan memiliki ketenangan bahwa jika peralatan komputer Anda rusak atau dicuri, mereka dapat dengan cepat kembali ke bisnis seperti biasa.

Ini karena aplikasi web menyimpan informasi pada layanan jarak jauh, jadi selama Anda mengetahui URL (alamat web), nama pengguna, dan kata sandi Anda, Anda dapat masuk dengan aman ke komputer atau perangkat seluler mana pun yang terhubung ke internet dan bisnis Anda dapat bangkit dan berjalan lagi dalam waktu singkat terang Rifqi.

Terakhir, jika terjadi kehilangan data karena kesalahan manusia atau program, data dapat dengan cepat dipulihkan dari cloud.

4. Mudah Disesuaikan dan Terukur

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi klien dengan perangkat lunak tanpa aplikasi web adalah bahwa ia tidak dapat tumbuh atau berintegrasi dengan bisnis mereka, atau setidaknya tanpa peningkatan yang mahal.

Karena aplikasi web khusus dibuat khusus untuk kebutuhan bisnis Anda, aplikasi ini sepenuhnya fleksibel dan dapat diskalakan untuk tuntutan dan pertumbuhan bisnis Anda. Penyesuaian pada aplikasi dapat mencakup merek Anda sendiri dan memiliki tingkat akses izin pengguna yang berbeda. Dengan hanya memiliki fitur dan fungsi yang relevan dengan bisnis Anda, Anda akan mengurangi waktu pelatihan dan dapat menambahkan fungsionalitas seiring pertumbuhan bisnis Anda.

5. Instalasi dan Perawatan yang Mudah

Dengan menggunakan aplikasi web, Anda terhindar dari kerumitan dan penggunaan memori perangkat lunak penginstalan di setiap perangkat, Anda juga akan menemukan aplikasi web yang tidak terlalu membebani perangkat yang lebih lama atau spesifikasi rendah.

Karena setiap PC memiliki browser, waktu penginstalan sangat cepat dan dapat berjalan di latar belakang sementara staf melanjutkan pekerjaan mereka yang lain. Persyaratan pemeliharaan umumnya jauh lebih rendah, dengan pembaruan dan tambalan diluncurkan dari jarak jauh ke setiap perangkat.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat menggunakan aplikasi web untuk bisnis menurut Rifqi Mulyawan.

Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang mudah dibuat dan dapat meningkatkan nilai untuk klien Anda. Mereka juga mudah untuk diperkenalkan, tetap update dan pastinya aman serta mudah untuk dikembangkan seperti yang Anda inginkan.

BACA JUGA