6 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Instagramable, Cocok Buat Kamu Yang Hobi Berfoto

Sumber; Pinterest

123berita – Sebagai kawasan wisata, Bandung terkenal dengan berbagai destinasi baik wisata alam, keluarga, maupun wisata kota terutama Gunung Tangkuban Perahu. Bandung yang meliputi wilayah Bandung Kota, Tempat Wisata Bandung Selatan, Bandung Utara, Bandung Barat, dan Bandung Timur menawarkan keunikannya masing-masing.

Bagi kamu yang ingin berwisata keluarga, tentunya Bandung Selatan menjadi lokasi yang patut dikunjungi. Destinasi wisata di Bandung Selatan umumnya berupa perkebunan dan danau. Tak hanya itu, Bandung Selatan juga memiliki sudut-sudut yang sangat instagrammable sehingga sangat cocok untuk kamu yang gemar berswafoto.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari berbagai sumber, simak Destinasi wisata di Bandung Selatan berikut ini:

1. Kawah Putih Ciwidey

Mendengar Bandung saja rasanya tak asing dengan Kawah Putih. Yaps! Kawah Putih merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata terkenal di Bandung, khususnya Bandung Selatan. Objek wisata yang terletak di desa Sugih, Kecamatan Pasir Jambu ini merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuha yang berada di ketinggian 2.434 Mdpl. Lebih istimewa lagi, Kawah Putih menjadi salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi di dunia.

Warna putih pada kawah ini dapat berubah sesuai dengan kadar belerang didalamnya. Dengan warna yang indah dan udara yang sejuk, suhu udara di Kawah Putih bisa mencapai 0 hingga -2 derajat celcius pada musim-musim tertentu.

2. Perkebunan Teh Malabar

Siapa yang tak kenal dengan Perkebunan Teh Malabar. Sebuah perkebunan teh yang dikelola dengan baik oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII ini memiliki luas 2.022 hektar. Perkebunan teh ini tentunya menjadi salah satu perkebunan teh terluas di Indonesia.

Pemilik perkebunan teh ini dulunya merupakan seorang Belanda bernama Booscha yang terkenal baik hati dan dermawan. Booscha juga mendedikasikan apa yang dia miliki untuk pembangunan observatorium. Bahkan ditengah perkebunan teh ini terdapat makam Booscha yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, saat ini Perkebunan Teh Malabar telah memiliki fasilitas-fasilitas yang memudahkan pengunjung seperti kolam renang air panas, tea walk, camping ground, dll. Perkebunan ini berada di Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

3. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Memiliki areal seluas 215 hektar, Bumi Perkemahan Ranca Upas kini menjadi salah satu destinasi terfavorit di Bandung Selatan. Kawasan hutan lindung ini menjadi habitat berbagai hewan yang dilindungi, sehingga pengunjung yang datang dapat bertem dengan beberapa hewan seperti rusa dan burung-burung yang hampir punah.

Kawasan ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl, membuat udara disekitarnya terasa sangat sejuk. Area Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang Km 11, Rancabali, Ciwidey Bandung.

4. Barussen Hills

Barussen Hills merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Bandung Selatan. Tempat ini menyuguhkan berbagai sudut yang instagramable yang dibalut dengan keindahan alam. Selain spot-spot foto yang menarik, Barussen Hills juga menyajikan tempat wisata edukasi di pusat penelitian pohon teh dan kina.

Barussen Hills tepatnya berlokasi di Kampung Barusen, Pasir Jambu Ciwidey, Bandung.

5. Situ Patenggang

Banyak mitos yang diyakini oleh masyarakat sekitar terkait keberadaan Situ Patenggang. Danau alami yang berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung memiliki Pulau Asmara yang dipercaya dapat mempercepat datangnya jodoh.

Spot-spot foto unik juga banyak ditemui di Situ Patenggang. Lokasi yang masih sangat asri dan udara yang sejuk membuat tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Selain Pulau Asmara, Situ Patenggang juga memiliki Batu Cinta yang diyakini sebagai tempat bertemunya dua manusia yang melatar belakangi sejarah dari Situ Patenggang sendiri.

6. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit yang berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung memiliki keunikan yang lain daripada yang lain. Bukit Jamur ini bukan berarti sebuah bukit yang penuh dengan jamur. Nama tersebut diambil dari keunikan yang ada di tempat tersebut, yaitu banyaknya pohon cemara kerdil yang menyerupai jamur payung.

Berkat keunikan tersebut, Bukit Jamur Rancabolong memiliki banyak spot foto instagramable yang membuat pengunjungnya malas pulang. Masih terletak di kawasan Bandung Selatan, hawa disekitar Bukit Jamur ini sangat sejuk dengan udara bersih dan cuaca yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama disini. (dev)

Pos terkait

BACA JUGA