8 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung Kita, Cek !

8 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung Kita, Cek !
8 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung Kita, Cek !

123Berita, Makanan Bagus Untuk Kesehatan Jantung – Setiap orang pastinya ingin punya jantung sehat. Hal ini cukup beralasan sebab organ tersebut punya peran vital dalam menjaga kelangsungan hidup seseorang.

8 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung Kita, Cek !
8 Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung Kita, Cek !

Tak heran jika akhirnya sebagian dari kita memilih menerapkan pola hidup sehat, baik dengan olahraga maupun mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kesehatan jantung.

Bicara tentang makanan sehat, sejatinya ada banyak jenis makanan yang baik untuk jantung, terutama yang mengandung fitonutrien. Senyawa ini terkandung dalam sayur dan buah. Secara alami, fitonutrien bermanfaat menyehatkan jantung dan membantunya bekerja secara optimal.

Setidaknya ada tujuh jenis makanan dengan kandungan fitonutrien yang baik untuk kesehatan jantung, yakni anggur, kacang, apel, biji-bijian utuh, teh hijau, buah beri, bawang putih, dan alpukat. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Anggur
    Salah satu manfaat mengonsumsi anggur, buah ini mampu mendukung kesehatan tubuh. Selain bisa mencegah penyakit jantung, makan buah anggur juga dapat menekan hipertensi. Hal itu karena jenis buah ini punya kandungan serat dan flavonoid yang baik guna mencegah kerusakan jantung.
  2. Kacang
    Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan fitonutrien tinggi adalah kacang-kacangan. Jenis makanan ini cukup ideal dikonsumsi karena juga kaya kandungan serat serta air, sehingga membuat orang yang mengonsumsinya bisa cepat merasa kenyang.
    Alhasil, makan kacang-kacangan akan mencegah orang mengonsumsi banyak kalori. Kelebihan lainnya, kacang-kacangan juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
  3. Apel
    Apel merupakan salah satu jenis buah yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga mampu membantu pengaturan gula darah. Dengan kelebihan ini secara tidak langsung konsumsi apel bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
    Kandungan dalam buah apel sendiri, selain fitonutrien ada epicatechin yang juga merupakan senyawa baik untuk kesehatan jantung. Epicathecin merupakan zat antioksidan yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Biji-bijian utuh
    Beberapa sumber karbohidrat berupa biji-bijian utuh, seperti jagung, gandum, dan beras merah dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, atau pun diabetes. Hal itu karena pada biji-bijian terdapat kandungan protein, vitamin B, serat, antioksidan serta beberapa mineral penting, seperti magnesium, zat besi, dan zinc.
  5. Teh hijau
    Teh hijau punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak ayal, jenis teh ini biasa dianjurkan untuk dikonsumsi sebab dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Kendati demikian, satu catatan penting, konsumsi teh hijau secara berlebihan tidak disarankan karena bisa meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.
    Sejatinya mengonsumsi teh hijau setiap hari memang baik, namun tetap harus diimbangi minum air putih dalam jumlah banyak. Hal itu penting untuk menghindari dehidrasi dan sistem kemih tetap lancar.
  6. Buah beri
    Buah beri punya manfaat baik bagi kesehatan jantung. Dengan demikian, beberapa jenis buah beri, seperti strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry dianjurkan untuk dikonsumsi.
    Buah beri sendiri punya kandungan serat dan antioksidan yang bisa menurunkan risiko serangan jantung. Kendati begitu, sejauh ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efek buah tersebut bagi kesehatan jantung.
  7. Bawang Putih
    Upaya menjaga kesehatan jantung, salah satunya dapat dilakukan dengan cara memelihara tekanan darah agar tak terlampau tinggi. Itu artinya kita perlu membatasi konsumsi garam karena bisa meningkatkan tekanan darah.
    Bawang putih bisa menjadi salah satu alternatif untuk memelihara tekanan darah tetap normal. Adapun untuk mengonsumsinya, bawang putih bisa dijadikan pengganti garam alami dalam masakan. Di kalangan masyarakat, bawang putih memang biasa digunakan pada masakan karena dapat menambah rasa gurih tanpa memengaruhi tekanan darah.
  8. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Mengonsumsi alpukat disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Buah ini kaya kalium yang penting bagi kesehatan jantung. Satu buah alpukat mengandung 975 mg kalium atau sekira 28 persen dari kebutuhan kalium per hari.

Demikianlah delapan jenis makanan sehat yang baik untuk jantung. Hanya perlu diingat, mengonsumsi banyak makanan sehat di atas tak lantas menjamin kita terhindar dari penyakit jantung.

Terlebih jika kita tidak mengimbanginya dengan tidur cukup, mengelola stres, dan olah raga teratur. Penting pula untuk senantiasa menghindari rokok agar jantung dan tubuh tetap prima.

Pos terkait