9 Tips Supaya Tidak Kecolongan Saat Menyewa Mobil di Rental

123Berita.com – Tidak dipungkiri lagi saat ini perkembangan alat transportasi sebagai media pelayanan maupun fasilitas publik sangatlah pesat. Baik di darat, laut maupun udara. Namun, hingga saat ini masyarakat cenderung lebih suka menggunakan transportasi darat untuk melakukan aktivitasnya. 

Tips Menyewa Mobil

Maklum saja transportasi darat telah memiliki akses yang cukup antar pulau serta mudah untuk digunakan serta dimiliki. Sebut saja motor, mobil ataupun bus. Selain itu transportasi darat juga mudah untuk digunakan (siapa sih yang ndak bisa naik motor, apalagi naik mobil. CUMA NAIK LHO GAN Gak nyetir :D). 

Namun, untuk para traveling yang ingin berkunjung ke tempat tempat indah dengan waktu yang panjang seperti tempat wisata dan tempat sanak saudara(serius gan, pengalaman ane ke tempat saudara kadang bisa lama) biasanya lebih memilih untuk menggunakan mobil. 

Tapi tidak semua orang memiliki mobil karena juga mempertimbangkan fungsi dan manfaat dari mobil itu dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu alternatif yang biasa dapat dilakukan adalah menyewa jasa rental mobil.      

Sebenarnya memilih jasa rental mobil itu susah-susah gampang, karena semuanya menawarkan fasilitas yang hampir sama, harga yang relatif bersaing, diskon dan sebagainya. Namun mungkin satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah masalah pelayanan. 

Sering sekali banyak dari kita yang mengacuhkan masalah pelayanan hanya masalah harga sewa yang beda 15 sampai 25 ribu per hari, yang mungkin ujung-ujungnya akan mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan.

Contohnya saat menyewa mobil untuk berkunjung ke sanak saudara yang berada diluar kota biasanya Anda akan dikenakan biaya sedikit lebih mahal dan jaminan KTP. Namun setelah tawar menawar anda pun mendapatkan harga yang sama seperti sebelumnya . Ehh waktu baru digunakan sekitar 2 jam perjalanan mobil yang anda sewa malah mogok.

Tentunya itu malah akan menghambat bahkan merusak perjalanan anda.  Untuk itulah apa artinya mendapatkan harga sewa mobil murah tapi pelayanannya amburadul.

Oleh karena itu berikut tips bagi anda yang ingin menyewa kendaraan:

  1. Carilah perusahaan penyewaan mobil yang benar maksudnya ada kantor dan pegawainya
  2. Mencari perusahaan penyewaan bisa lewat internet dan hubungi mereka lewat telp/e-mail terlebih dahulu
  3. Perusahaan penyewaan yang baik biasanya akan segera membalas e-mail/fax yang anda kirim.
  4. Setelah anda memesan, anda akan diwajibkan membayar uang booking minimal 1 hari jasa sewa dimuka untuk memastikan kepastian booking kendaraan anda
  5. Perusahaan penyewaan mobil besar ada yang menerima pembayaran dengan credit card. Untuk lebih amannya anda bisa membayar dengan credit card
  6. Teliti seluruh keadaan kendaraan berikut surat-surat, peralatan kunci, ban serep, oli rem dan kawan- kawan
  7. Alangkah baiknya jika kendaraan dilengkapi dengan asuransi all risk
  8. Penyewaan kendaraan biasanya memberikan STNK khusus sewa mobil kepada penyewa.
  9. Setelah tanda tangan dokumen penyewaan anda mendapatkan copynya dan simpan baik-baik jika terjadi masalah di jalan seperti kecelakaan, mogok dll. Segera hubungi teleponnya dan jangan lupa tanyakan nomor telepon yang bisa dihubungi 24 jam.

Nah itu lah tips untuk Anda yang ingin menyewa kendaraan.

Semoga bermanfaat.

author