Apa Saja Perbedaan Inovasi dan Kreativitas

Apa Saja Perbedaan Inovasi dan Kreativitas

Tahukah Anda apa perbedaan inovasi dan kreativitas? Kedua istilah ini sering dirangkaikan di dalam satu kalimat sehingga terkesan saling berhubungan satu sama lain. Tidak jarang, ada saja orang yang bahkan menyamakan keduanya. Jadi, apa sebenarnya inovasi serta kreativitas itu? Adakah pengaruhnya dalam kehidupan dan seberapa penting memilikinya?

Mengenal Perbedaan Inovasi dan Kreativitas

 

  1. Definisi

Kreativitas merujuk pada seseorang yang memiliki kesanggupan untuk menciptakan hal baru. Kadang kala istilah ini disamakan pula dengan daya cipta. Sementara itu, inovasi berarti penemuan baru di mana terdapat perbedaan dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Dengan kata lain, keduanya memang memiliki keterikatan, tetapi tetap terdapat perbedaan. Jika pada kreativitas sifatnya menciptakan sesuatu dari ketiadaan, sementara inovasi merekonstruksi atau mengembangkan hal yang sudah pernah ditemukan sebelumnya.

Dalam hal memberikan kemanfaatan kepada orang lain, inovasi sifatnya menyajikan ide-ide yang telah berjalan lama di tengah masyarakat dengan menerapkan pembaruan. Sementara itu, kreativitas belum memiliki nilai nyata di masyarakat atau sifatnya orisinal dan tidak biasa.

 

inovatif dan kreativitas

 

  1. Ukuran

Berangkat dari definisi yang mirip tetapi tetap berbeda secara mendasar, kreativitas dan inovasi pada imbasnya juga memiliki indikator keterukuran. Hanya saja, jika aspek inovasi sifatnya relatif mudah diukur, maka tidak demikian bagi kreativitas.

Pasalnya, kreativitas merujuk pada ide orisinal yang tidak biasa, di mana definisi ini sulit untuk ditentukan indikatornya. Misalnya saja, kapan sesuatu dikatakan benar-benar baru dan belum ditemukan oleh pihak lain? Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesat, rasanya memang sulit menciptakan sesuatu dari ketiadaan.

Di sisi lain, inovasi relatif mudah ditentukan indikatornya di mana Anda hanya perlu membuat perbandingan dengan temuan sebelumnya. Selanjutnya, mengidentifikasi apa kelebihan dari hasil inovasi tersebut yang tidak didapati pada konsep terdahulu.

Singkatnya, inovasi lebih gampang diukur karena ada standar pembanding, sementara kreativitas tidak demikian. Dengan demikian, untuk mengukur sejauh mana kreativitas seseorang, maka harus dibuat definisi baru yang didukung literatur kredibel dan ekuivalen.

  1. Beban tanggung jawab

Perbedaan inovasi dan kreativitas selanjutnya yaitu terletak pada beban tanggung jawab yang menimpa pelaku. Untuk orang yang memiliki inovasi khusus, ketika konsep tersebut diterapkan di kehidupan nyata, maka perlu dibarengi dengan tanggung jawab lebih jauh. Misalnya saja, apakah itu memberikan manfaat tertentu?

Di sisi lain, kreativitas lebih berorientasi atau ide atau pemikiran, jadi tidak ada tanggung jawab khusus yang menyertainya. Bagaimanapun, tidak mungkin bukan menuntut seseorang hanya karena dia mempunyai ide tertentu?

Poin ini sebenarnya sekaligus menunjukkan bahwa inovasi sifatnya lebih implementatif dibandingkan kreativitas. Dengan kata lain, dalam kehidupan sehari-hari Anda barangkali lebih sering mendengar harapan agar seseorang menjadi inovatif dibanding kreatif.

Setelah memahami perbedaan inovasi dan kreativitas, diharapkan tidak ada lagi kekeliruan dalam penyebutan istilah. Lebih jauh, Anda juga bisa mengukur kompetensi diri, apakah termasuk inovatif atau kreatif?

 

BACA JUGA