Arca Ganesha dari Abad 8 Masehi Direstorasi, Ini Videonya

Screenshot video proses restorasi arca Ganesha (Instagram-@kemdikbud.ri)
Screenshot video proses restorasi arca Ganesha (Instagram-@kemdikbud.ri)

123berita.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Museum Nasional Indonesia melakukan restorasi arca Ganesha. Hal itu terungkap lewat akun Instagram resmi Kemendikbud @kemdikbud.ri, Kamis (11/06/2020).

“Restorasi Arca Ganesha. Sahabat #Dikbud, Kemendikbud melalui Museum Nasional Indonesia melakukan restorasi Arca Ganesha,” tulis akun Instagram @kemdikbud.ri.

Bacaan Lainnya

Restorasi merupakan pengembalian atau pemulihan ke keadaan semula. Arca Ganesha yang direstorasi, menurut akun Instagram @kemdikbud.ri, berasal dari Candi Banon sekira abad 8-9 Masehi yang ditemukan di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Banon ditemukan pemerintah Hindia Belanda pada 1935 silam. Bentuk candi yang terbuat dari bata inilah yang akhirnya membuat banyak orang menyebutnya Candi Banon.

“Candi Banon disebut demikian karena terbuat dari bata, sesuatu yang jarang ditemui di wilayah Jawa Tengah, tapi lazim di Jawa Timur,” jelas akun Instagram @kemdikbud.ri.

Lima Arca yang ada pada Candi Banon sudah disimpan di museum, salah satunya arca Ganesha yang disimpan di Museum Nasional.

Berikut video restorasi arca Ganesha dilansir dari laman Instagram Kemendikbud.

Pos terkait