AS bakal Bagi-bagi 60 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)

123berita.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan membagikan hingga 60 juta dosis vaksin AstraZeneca dengan negara lain manakala sudah tersedia. Dosis vaksin sebanyak itu akan diekspor dalam beberapa bulan mendatang setelah melewati tinjauan keamanan federal.

AS memiliki persediaan vaksin AstraZeneca, meskipun pihak regulator belum mengesahkannya untuk penggunaan publik. Sejumlah kritikus telah menuduh pemerintah menimbun vaksin di saat negara lain sangat membutuhkan.

Bacaan Lainnya

Bulan lalu, Presiden Joe Biden berjanji membagikan sekira 4 juta dosis vaksin AstraZeneca kepada Meksiko dan Kanada di mana kedua negara ini telah menyetujui penggunaan vaksin tersebut.

Krisis di India juga menambah tekanan pada pemerintahan Biden untuk berbagi sumber daya kesehatan AS.

Pada Senin (26/04/2021), Gedung Putih berharap sekira 10 juta dosis vaksin AstraZeneca bisa didistribusikan ketika Food and Drug Administration (FDA) menyelesaikan peninjauannya dalam beberapa pekan mendatang.

Dikatakan, 50 juta dosis lagi saat ini masih dalam berbagai tahap produksi. Pada jumpa pers, Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan pejabat FDA akan melakukan pemeriksaan kualitas pada dosis sebelum diekspor.

Pos terkait

BACA JUGA