Asyik! Mulai Bulan Ini, Perpanjang SIM Bisa Online Guys

JAKARTA, 123berita.com – Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) online merupakan salah satu dari empat program unggulan dalam mendukung Program Presisi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dilakukan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri). Saat ini, program tersebut masih dalam tahap finalisasi.

“Ini nanti cukup diakses dengan aplikasi yang cukup di rumah saja dan bisa diantar ke rumah,” terang Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di Facebook Divisi Humas Polri belum lama ini.

Selain perpanjangan SIM Online, Korlantas Polri juga akan meluncurkan ujian SIM online untuk pembuatan SIM baru. Nantinya, bagi yang ingin membuat SIM baru bisa melakukan ujian online, khususnya untuk ujian teori. Sementara ujian praktik tetap harus dilakukan di Satpas SIM.

“Ini kemungkinan kami akan launching rencananya tanggal 8 atau 11 April lah, antara itu. Kami bekerja keras untuk mewujudkan ini secara cepat di program seratus hari (Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo), mudah-mudahan bisa tercapai seratus persen,” tegas Irjen Pol Istiono, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

“Kemudian ujian tulis untuk SIM baru, kemungkinan juga sama di-launching pada April,” tambahnya.

Tak hanya itu, Korlantas Polri juga akan menyiapkan Samsat Digital Nasional. Pelayanan itu juga kemungkinan akan diluncurkan pada akhir April 2021.


“Sebelum Lebaran harapan kami sudah bisa diselesaikan,” tandasnya.

Ditambah peluncuran tilang elektronik atau E-TLE, program-program itu merupakan bentuk dukungan seratus hari kerja Kapolri. Sebelum dilantik menjadi Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berkomitmen memberikan kemudahan terhadap pelayanan seperti SIM hingga STNK kendaraan.

BACA JUGA