Aung San Suu Kyi Muncul di Pengadilan, Hadapi Dakwaan Baru

123berita.com – Pemimpin sipil Myanmar, Aung San Suu Kyi terlihat untuk kali pertama sejak ditahan dalam kudeta militer. Ia muncul di pengadilan dalam sebuah rekaman video.

Pemimpin yang digulingkan itu tampaknya berada dalam kondisi kesehatan baik. Menurut pengacaranya, Aung San Suu Kyi meminta untuk bertemu dengan tim hukumnya.

Bacaan Lainnya

Melansir BBC, Suu Kyi yang ditahan setelah kudeta militer 1 Februari 2020 lalu menghadapi dua dakwaan baru. Sementara itu, para demonstran tak menghentikan aksinya turun ke jalan, meski pada Minggu (28/02/2021) kemarin menjadi hari paling mematikan di Myanmar dengan 18 pengunjuk rasa tewas.

Kasus kematian itu terjadi ketika militer dan polisi meningkatkan tanggapan mereka terhadap demonstrasi di seluruh wilayah Myanmar selama akhir pekan kemarin. Mereka mengambil sikap tegas dengan menembaki kerumunan massa.

Massa demonstran pun menentang aksi represif aparat keamanan pada Senin (01/03/2021). Mereka menuntut pemerintah terpilih dipulihkan serta Suu Kyi dan pemimpin Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) lainnya dibebaskan dari tahanan.

Diberitakan sebelumnya, militer Myanmar merebut kekuasaan karena dugaan kecurangan dalam pemilihan umum November 2020 lalu yang membuat NLD menang telak.

Kendati demikian, pihak militer tidak memberikan bukti atas tuduhan itu. Sebaliknya, mereka telah menggantikan Komisi Pemilihan dan menjanjikan pemungutan suara baru dalam satu tahun mendatang. (and)

Pos terkait

BACA JUGA