Awas Jangan Tergiur Produk Amazon, Ulasan Palsu Banyak Dijual Online!

Ilustrasi (Foto: Reuters)
Ilustrasi (Foto: Reuters)

123berita.com Review alias ulasan palsu untuk produk yang dijual di Amazon’s Marketplace marak ditawarkan secara online. Hal itu diungkapkan Which?.

Grup konsumen ini menemukan sepuluh situs web yang menjual ulasan palsu. Harganya pun bervariasi, mulai dari £5 atau setara Rp97 ribu untuk masing-masing produk. Mereka siap memberikan ulasan positif dengan imbalan pembayaran atau pemberian produk gratis.

Bacaan Lainnya

Ini menunjukkan perusahaan tengah menghadapi perjuangan berat melawan industri ulasan palsu yang tersebar luas.

“Kami menghapus ulasan palsu dan mengambil tindakan terhadap siapa pun yang terlibat dalam kasus rekayasa itu,” kata seorang juru bicara Amazon, dikutip dari BBC, Selasa (16/02/2021).

Marketplace raksasa ritel memungkinkan retailer alias pengecer lain menjual barang mereka melalui situs web Amazon.

Which? mengidentifikasi situs web yang menawarkan layanan ulasan untuk barang yang dijual di Amazon Marketplace yang melanggar syarat dan ketentuan perusahaan. Ini termasuk paket ulasan palsu yang tersedia bagi penjual untuk dibeli dengan harga sekitar £15 secara individual, serta paket massal mulai dari £620 untuk 50 ulasan dan naik hingga £8000 untuk 1000 ulasan.

Grup konsumen itu juga mengungkap setidaknya ada lima bisnis memiliki lebih dari 702 ribu pengulas produk di daftar mereka. Pengulas produk mendapatkan penawaran pembayaran mulai dari beberapa poundsterling hingga lebih dari £10, di samping produk gratis atau berdiskon. Mereka bahkan dapat mengambil bagian dalam skema loyalitas dan mendapatkan barang premium bagi dirinya sendiri, mulai dari mainan anak hingga peralatan olahraga. (and)

Pos terkait

BACA JUGA