Awas! Varian Baru Corona B117 Masuk Indonesia, Masihkah Vaksinasi Efektif?

Ilustrasi (Foto: AFP)
Ilustrasi (Foto: AFP)

JAKARTA, 123berita.com – Varian baru Covid-19 mutasi atau dikenal dengan “VUI-202012/01” atau B117 telah masuk ke Indonesia. Alhasil, muncul banyak pertanyaan mengenai efektivitas vaksinasi terhadap varian Covid-19 ini.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro angkat bicara soal itu. Ia mengatakan, varian baru SARS-COV-2, B117 asal Inggris belum terbukti mengganggu kinerja vaksin Covid-19.

“Selama ini B117 berdampak pada penyebaran virus yang lebih cepat dan dapat mengganggu kinerja tes PCR, namun belum terbukti menyebabkan lebih parahnya dan belum terbukti mengganggu kinerja vaksin,” katanya, dilansir dari VOI, Rabu (03/03/2021).

Varian B117 ditemukan di Indonesia melalui seluruh aktivitas sekuensing genom pada sampel virus corona penyebab Covid-19 yang ditularkan di Indonesia. Adapun dari 462 WGS yang dilakukan, dua kasus teridentifikasi mengandung varian baru dari Inggris.

Kendati demikian, Menristek mengatakan pengembangan vaksin Covid-19 secara mandiri tetap berjalan sesuai jadwal. Nantinya, pengujian performa bibit vaksin terhadap varian baru juga akan dilakukan.

Terpisah, Kepala Lembaga Biologi Molekuler, Eijkman Amin Soebandrio mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu memastikan efek varian ini. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan, namun pengembangan vaksin tidak terganggu.

BACA JUGA