Banjir Kalsel: Ribuan Rumah Tergenang, Warga Mengungsi

Ilustrasi banjir (Foto: The Guardina/Manan Vatsyayana/AFP/Getty
Ilustrasi banjir (Foto: The Guardina/Manan Vatsyayana/AFP/Getty

JAKARTA, 123berita.com – Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapatkan informasi banjir melanda beberapa kawasan di Provinsi Kalimantan Selatan pada hari ini, Kamis (14/01/2020). Banjir terjadi di Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru, Balangan, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengungkapkan banjir Tapin dipicu hujan dengan intensitas tinggi. Genangan di Kabupaten Tapin terpantau pada pukul 01.00 waktu setempat. Peristiwa di kabupaten ini berdampak di Kecamatan Binuang, seperti di Kelurahan Raya Belanti.

“Petugas masih melakukan identifikasi terhadap kelurahan lain yang terdampak banjir. Di samping itu, petugas masih mendata dampak lain, seperti korban yang mengungsi maupun rumah tergenang. Saat banjir terjadi, tinggi muka air beragam dari 50 hingga 150 cm,” terangnya, dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id.

Kondisi terkini, genangan masih melanda kelurahan terdampak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin telah melakukan sejumlah upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat, koordinasi lintas instansi, dan evakuasi warga terdampak. Selain itu, petugas di lapangan mendistribusikan bantuan logistik. 

Di lokasi lain, menurut Raditya Jati, banjir mengenangi Kota Banjarbaru. Hujan dengan intensitas tinggi memicu luapan Sungai Kemuning. Banjir terjadi pada hari ini, Kamis (14/01/2020) sekira pukul 01.10 waktu setempat dengan tinggi muka air 50 hingga 90 cm. Dua kelurahan terdampak di kabupaten ini, yakni Kelurahan Kemuning (Kecamatan Banjarbaru) dan Kelurahan Guntung Payung (Kecamatan Landasan Ulin). 

Pos terkait