Batal Tahun Ini, MotoGP Mandalika Digeser Maret 2022

Sirkuit Mandalika (Foto: Crash)
Sirkuit Mandalika (Foto: Crash)

123berita.com – Sirkuit Mandalika menargetkan debut balapan MotoGP pada Maret 2022, namun masih bisa menjadi tuan rumah putaran World Superbike dan tes MotoGP akhir tahun ini.

Selama kunjungannya pekan ini, para pejabat Dorna dan FIM terkesan dengan kemajuan konstruksi sirkuit Mandalika yang tengah dibangun. Namun, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini membuat semua pihak yang terlibat sepakat untuk menggelar Grand Prix Kejuaraan Dunia MotoGP FIM pertama di sirkuit tersebut pada musim 2022, utamanya Maret. Sementara target untuk menjadi tuan rumah putaran World Superbike pada 14 November 2021 sepertinya bakal terealisasi.

Bacaan Lainnya

Menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada Maret, itu artinya Mandalika kemungkinan akan berada di putaran kedua musim 2022 setelah seri pembuka Qatar. Namun ini juga masih dinantikan sebab ada rumor seri Phillip Island Australia mungkin akan digeser waktunya dari Oktober menjadi awal tahun.

Adapun hingga saat ini, Mandalika tercatat sebagai sirkuit cadangan resmi untuk kalender MotoGP 2021 dan menargetkan homologasi pada Juni mendatang. Kendati demikian, MotoGP belum bisa dihelat di Mandalika akhir tahun ini. Sirkuit Mandalika kemungkinan akan digunakan untuk tes pramusim saat seri MotoGP Asia digelar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, mendukung sepenuhnya ajang MotoGP yang akan digelar Maret 2022.

“Saya mendukung penuh ajang MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022,” kata dia, dikutip dari Crash, Sabtu (10/04/2021).

“Ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional dari pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung domestik dan internasional,” pungkasnya. (and)

Pos terkait

BACA JUGA