Bentrok Israel-Gaza: AS Kirim Utusan, Mediasi Gencatan Senjata

123berita.com – Utusan dari Amerika Serikat (AS) telah tiba di Tel Aviv untuk pembicaraan de-eskalasi, menyusul ketegangan antara Israel dan Palestina yang terus berlanjut.

Hady Amr akan ambil bagian dalam pembicaraan dengan pejabat Israel, Palestina, dan PBB dengan harapan menyepakati gencatan senjata.

Bacaan Lainnya

Melansir BBC, pada Sabtu (15/05/2021) pagi, Israel melakukan serangan udara di Gaza dan militan Palestina menanggapinya dengan menembakkan roket ke Israel. Bentrokan yang tercatat selama lima hari terakhir menandai beberapa kekerasan terburuk di wilayah itu dalam beberapa tahun.

Konflik pecah sejak Senin lalu dan ketegangan antara Israel dengan Palestina terus berlanjut, bahkan meningkat di Yerusalem Timur. Perseteruan yang meningkat memuncak dengan bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi. Kelompok militan Islam yang menguasai Gaza, Hamas mulai menembakkan roket setelah memperingatkan Israel untuk menarik diri dari situs tersebut yang memicu serangan udara balasan.

Sedikitnya 133 orang meninggal dunia di Gaza dan delapan orang tewas di Israel sejak pertempuran dimulai.

Pejabat Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan serangan udara Israel pada Sabtu pagi mengakibatkan sedikitnya tujuh warga Palestina meninggal dunia, termasuk wanita dan anak-anak, di sebuah kamp pengungsi di Barat Kota Gaza.

Pos terkait

BACA JUGA