Bilang Wanita Banyak Omong, Yoshiro Mori Mundur dari Ketua Olimpiade Tokyo

123berita.com – Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo akan mengundurkan diri setelah dia dikritik karena membuat pernyataan tidak pantas tentang wanita.

Yoshiro Mori (83) mengatakan wanita terlalu banyak bicara. Dia juga menyebut pertemuan dengan banyak direktur wanita akan menyita banyak waktu.

Pernyataan itu telah memicu protes. Mori pun langsung meminta maaf pada saat itu, namun belum berinisiatif untuk mundur. Sementara tekanan banyak pihak pada dirinya untuk mundur terus meningkat.

Mori, mantan perdana menteri Jepang, diperkirakan secara resmi mengundurkan diri pada pertemuan komite khusus pada Jumat (12/02/2021) setelah membuat pernyataan Minggu (07/02/2021) lalu.

Tak hanya dari kalangan masyarakat, kritik juga datang dari beberapa sponsor Olimpiade. Salah satunya dari sponsor utama Toyota yang menjadi pendukung terbesar acara olahraga dunia itu. Presiden Toyota, Akio Toyoda, mengatakan perusahaan merasa kecewa dengan pernyataan Yoshiro Mori.

Sementara pada Selasa (09/02/2021) lalu, sekelompok anggota parlemen wanita mengenakan pakaian putih sebagai aksi protes atas pernyataan Mori. Aksi itu pun diikuti sejumlah kalangan pria dengan melakukan hal serupa sebagai bentuk solidaritas.

BACA JUGA