Black Box FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Dalam kesempatan itu, Budi Karya Sumadi menyampaikan tiga instruksi presiden. Pertama, penanganan musibah harus cepat, yakni black box, jenazah korban, dan potongan pesawat harus segera diangkat.

Kedua, santunan dan asuransi bagi keluarga korban (ahli waris) harus segera diberikan sesuai ketentuan berlaku. Ketiga, penyebab kecelakaan harus segera ditemukan dan menjadi pembelajaran bagi industri penerbangan nasional agar tidak terulang kembali kejadian yang sama.

“Terima kasih kepada presiden yang begitu intens menghubungi kami, sehingga kami mendapatkan dukungan moral dan kinerja menjadi lebih baik. Kami mengharapkan kolaborasi tim gabungan dapat terus berjalan dengan baik sampai semuanya ditemukan,” ungkap menhub.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, mendapatkan informasi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) menyatakan pada Selasa telah ditemukan FDR pada pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, tim penyelam masih akan terus mencari bagian lain dari black box, yakni Cockpit Voice Recorder (CVR), jenazah korban, dan potongan bagian pesawat.

“Operasi pencarian belum selesai, kita terus akan lakukan pencarian baik jenazah, maupun bagian pesawat lainnya dalam rangka melengkapi data yang diperlukan DVI Polri dan KNKT. Dengan kerja yang profesional dan dengan didukung alat yang mumpuni, bagian lainnya akan segera dapat kita temukan,” ungkap panglima TNI.

Pos terkait