BLT Tahap 3 Cair, Ini Jadwal Jumlah dan Syarat Penerimanya

JAKARTA, 123berita.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III bisa dinikmati para karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta yang menerimanya. Dana bantuan sebesar Rp600 ribu ditargetkan bisa ditransfer Jumat (11/09/2020) ini.

“Kalau dihitung empat hari (sejak) kemarin berarti Jumat ya,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah di kantornya, Rabu (09/09/2020).

Melansir Detik Finance, Kementerian Ketenagakerjaan pada 8 September 2020 telah menerima 3,5 juta nomor rekening penerima BLT tahap III dari Kementerian Ketenagakerjaan. Nomor rekening inilah yang kemudian diproses untuk menerima bantuan Rp600 ribu dari pemerintah.

BLT tahap III dijadwalkan cair hari ini dengan jumlah penerima 3,5 juta nomor rekening. Syarat mendapatkan bantuan Rp600 ribu tidak berubah. Berikut syaratnya dikutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan RI.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Pekerja/buruh penerima gaji/upah
  3. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan
  4. Kepesertaan sampai dengan Juni 2020
  5. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran dihitung berdasarkan upah kurang dari Rp5 juta sesuai laporan pada BPJS Ketenagakerjaan
  6. Memiliki rekening bank aktif.

Proses transfer BLT tahap III diawali dengan verifikasi atau check list data yang dilakukan pemerintah. Hasil pemeriksaan kemudian diserahkan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). KPPN kemudian menyerahkannya kepada Himbara.

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), terdiri atas BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Empat bank ini kemudian mentransfer bantuan Rp600 ribu kepada penerimanya melalui rekening masing-masing. Penerima bisa mengecek dan mengambil langsung dananya melalui mesin ATM.

Pemerintah sebelumnya menyatakan, bantuan Rp600 ribu ditransfer untuk dua bulan sebesar Rp1,2 juta periode September-Oktober. Berikutnya akan ditransfer kembali bantuan periode November-Desember yang juga sebesar Rp1,2 juta.

author
Journalist & Content Writer