Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung Yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung Yang Baik dan Benar
Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung Yang Baik dan Benar

123Berita.com – Ayam kampung, siapa yang tak tahu jenis ayam ini ? Ayam kampung merupakan jenis unggas yang telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Sedikit sejarah saja kenapa diberi nama ayam kampung karena sebenarnya ayam ini sering berkeliaran di perkampungan.

Budidaya ayam kampung sebenarnya bisa dijadikan salah satu lahan usaha untuk mendatangkan duit, hal ini diperkuat dengan semakin banyak permintaan ayam kampung. Untuk melakukan budidaya ayam jenis tersebut dibutuhkan yang namanya kesabaran, ketelitian, baik, dan benar.

Mungkin bagi kamu yang ingin memulai bisnis dibidang budidaya ayam kampung, berikut ini akan saya berikan kepada kamu cara-caranya.

Cara Budidaya Ayam Kampung Yang Baik dan Benar

Pemilihan Bibit Pada Ayam Kampung

Dalam hal pemilihan bibit tak boleh asal, kamu harus benar-benar memperhatikan tujuan pemeliharaan ayam kampung.

Jadi jika tujuan pemeliharaan kalian untuk ternak ayam kampung untuk diambil dagingnya kalian harus memilih bibit ayam kampung dari keturunan ayam yang berkualitas dan pertumbuhan yang cepat sangat diprioritaskan.

Pakan Ayam Kampung

Kamu juga harus memperhatikan perihal pakan ayam kampung karena pakan bisa dibilang menentukan keberhasilan budidaya ayam kampung kamu. Sebenarnya untuk soal pakan ayam kampung bisa dibilang sangat mudah, tidak seperti pakan ayam broiler, ayam petelur dan lain-lain.

Sistem Kandang Ayam Kampung

Sebenarnya, ada tiga macam kandang, yakni kandang box, kandang postal dan juga kandang baterai.  Untuk kandang jenis box ini bertujuan sebagai tempat pemeliharaan anakan ayam kampung unggulan atau DOC. Disebut kandang box karena bentuknya yang kotak dan berukuran 1×1 m kalian dapat isi DOC sebanyak 40-45 ekor, perkiraan pemeliharaan sekitar 20 hari dan kalian harus menjaga suhu dalam kandang dengan cara berkan lampu pada kandang box dengan suhu sekitar 30-32 derajat celcius.

Nah, itu dia sedikit cara dari saya tentang pemeliharaan ayam kampung yang baik dan benar. Jadi, untuk memulai bisnis peternakan dibutuhkan effort yang besar dan juga kesabaran.

BACA JUGA