Cara Klaim Token Listrik 450V dan 900V Gratis Lewat www.pln.co.id dan Whatsapp PLN (Mei 2020)

123Berita.com – Bukan hal yang asing lagi jika saat ini pemerintah melalui PLN memberikan bantuan listrik gratis bagi pelanggan daya 450V dan pelanggan daya 900V bersubsidi. Hal ini dilakukan oleh pemerintah karena kondisi perekonomian yang benar-benar mengkhawatirkan di masa pandemi corona ini dan kebijakan ini telah berlaku mulai bulan April lalu.

Kebijakan memberikan listrik gratis berlaku hingga 3 bulan kedepan yakni April, Mei, Juni 2020. Sesuai dengan keterangan Kementerian ESDM, tarif listrik gratis selama tiga bulan bisa diperoleh kurang lebih 24 juta pelanggan 450 VA dari kategori reguler atau pasca-bayar maupun prabayar. Akan tetapi, mekanisme pembebasan biaya listrik bagi pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar tidaklah sama.

Ada mekanisme pembebasan biaya listrik bagi pengguna 450 VA pascabayar dan prabayar tidaklah sama. Untuk pelanggan yang pascabayar akan mendapatkan bebas pembayaran listrik pada bulan ketiga, sedangkan bagi pelanggan yang prabayar dapat memperoleh token listrik gratis dengan mengirim ID pelanggan ke Whatsapp PLN 08122-123-123 atau bisa lewat situs resmi www.pln.co.id.

Untuk pengguna 900VA juga sama. Bagi pelanggan yang prabayar akan mendapat token gratis sebesar 50 persen dengan cara mengirim ID ke WA atau lewat situs resmi www.pln.co.id.

Sementara itu bagi pelanggan yang pasca bayar, pelanggan akan otomatis terpotong sebesar 50 persen mulai dari bulan April, Mei, hingga Juni 2020.

Cara Klaim Token Listrik Gratis Bulan Mei 2020

Gimana sih cara klaim token ? Berikut ini cara klaim token listrik gratis via website untuk bulan Mei 2020.

  1. Buka Situs www.pln.co.id
  2. Setelah itu menuju ke menu pelanggan, dan pilihlah menu Stimulus Covid-19
  3. Masukkan ID pelanggan/No meter
  4. Token gratis akan ditampilkan di layar, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan

Nah cara diatas merupakan cara klaim token listrik gratis via website, lantas bagaimana kalau via whatsapp ?

  1. Bukalah aplikasi whatsapp kalian
  2. Chat whatsapp ke nomor 08122-123-123
  3. Ikuti petunjuk yang akan diberikan
  4. Tunggu sebentar hingga token gratis muncul
  5. Setelah muncul, masukkan ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Nah, mudah bukan klaim token listrik gratis untuk bulan ini ?

author