China Hapus 105 Aplikasi Nakal, Salah Satunya TripAdvisor

123berita.com – Pemerintah China telah menghapus 105 aplikasi dari app store mereka sebagai bagian dari kampanye untuk menghilangkan konten bermuatan pornografi, prostitusi, perjudian, dan kekerasan.

Melansir BBC, Selasa (08/12/2020), salah satu yang dihapus adalah aplikasi perjalanan dari Amerika Serikat (AS), TripAdvisor. Selebihnya, sebagian besar merupakan aplikasi garapan Negeri Tirai Bambu itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Menurut Cyberspace Administration of China, semua aplikasi yang dihapus telah melanggar salah satu dari tiga undang-undang siber, meski tidak disebutkan secara rinci.

Sebelumnya, pemerintah AS di bawah Donald Trump juga telah melakukan kampanye serupa untuk aplikasi-aplikasi dari China. Pengadilan Paman Sam telah melarang penggunaan aplikasi TikTok.

Hakim Distrik AS Carl Nichols, menyatakan Presiden Trump telah melanggar otoritasnya ketika mencoba melarang aplikasi berbagi video China dengan alasan keamanan. Dia merupakan hakim kedua yang memenangkan TikTok.

Mayoritas aplikasi yang mendapatkan tindakan tegas dari Beijing adalah aplikasi domestik. Pihak berwenang setempat mengatakan larangan itu sebagai respons atas konten yang dianggap sensitif oleh publik.

Tidak jelas mengapa TripAdvisor dilarang. BBC telah menghubungi pihak perusahaan untuk memberikan komentar, namun belum menerima tanggapan.

Untuk diketahui, ketegangan antara AS dan China semakin sering terjadi di ruang siber selama beberapa bulan terakhir. Ketika larangan TikTok diumumkan Presiden Trump pada musim panas, otoritas China menuduh AS melakukan taktik penindasan dan mengatakan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingan perusahaan China. (and)

Pos terkait

BACA JUGA