Colosseum Roma Mulai Direkonstruksi, Turis Bisa Rasakan Sensasi Gladiator

“Ini satu langkah maju untuk membangun kembali arena, sebuah proyek ambisius yang akan membantu pelestarian struktur arkeologi sambil kembali ke citra asli Colosseum,” kata dia.

Menurut Franceschini acara-acara kebudayaan bisa digelar di Colosseum setelah lantai dikembalikan ke bentuk semula seperti pada masa kejayaannya.

Milan Ingegneria adalah salah satu dari sepuluh kontraktor yang menjawab seruan pemerintah Italia 2020 atas tawaran merancang lantai baru untuk Colosseum. Desain pemenang melibatkan pemasangan ratusan bilah kayu yang dapat diputar untuk memungkinkan cahaya dan udara alami masuk ke ruang bawah tanah.

Kementerian Kebudayaan Italia menyebut lantai baru seluas 3000 meter persegi akan sepenuhnya dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan. Colosseum adalah amfiteater terbesar di Kekaisaran Romawi. Pertarungan gladiator dan tontonan publik lainnya diselenggarakan di depan kerumunan, melibatkan sedikitnya 50 ribu orang.

Sementara pandemi virus corona telah membatasi pariwisata, Colosseum tetap menjadi salah satu landmark paling terkenal di Italia. Sebelum pandemi melanda, monumen ini mampu menarik sekira 7,6 juta orang pada 2019. (and)

BACA JUGA