[COVID-19]: UN Dihapus, Nilai Rapor Jadi Opsi Kelulusan?

JAKARTA, 123berita.com – Pandemi virus corona (Covid-19) terus berdampak ke berbagai sektor, tak terkecuali pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi X DPR RI pun akhirnya menyepakati penghapusan Ujian Nasional (UN) 2020.

Menurut Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, penghapusan UN berlaku untuk tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud disepakati jika pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya sebagaimana dilansir Antara

di Jakarta, Selasa (24/03/2020).

Ia menjelaskan, kesepakatan itu didasarkan atas penyebaran Covid-19 yang kian masif. Padahal, jadwal UN SMA harus dilaksanakan pada 30 Maret 2020, begitu pula UN SMP yang harus dijadwalkan paling lambat akhir April 2020 mendatang.

“Penyebaran wabah Covid-19 diprediksi akan terus berlangsung hingga April, jadi tidak mungkin kita memaksakan siswa untuk berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19 sehingga kami sepakat UN ditiadakan,” kata dia.

Pos terkait