Demi Bela Muslim Uighur, Antoine Griezmann Pilih Cerai dari Huawei

123berita.com – Bintang Barcelona sekaligus punggawa tim nasional (Timnas) Prancis Antoine Griezmann memutuskan mengakhiri kontraknya dengan raksasa teknologi China, Huawei. Hal itu ia lakukan sebagai respons keprihatinannya atas penganiayaan yang terus-menerus terhadap muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Griezmann menduga Huawei punya andil dalam pengawasan Muslim Uighur. Atas alasan itulah sang bintang akhirnya memutus kontrak sebagai brand ambassador perusahaan teknologi itu pada Kamis (10/12/2020) waktu setempat.

Bacaan Lainnya

“Menyusul adanya kecurigaan kuat bahwa Huawei telah berkontribusi pada pengembangan ‘peringatan Uighur’ melalui penggunaan perangkat lunak pengenalan wajah, saya mengumumkan mengakhiri kemitraan saya dengan perusahaan tersebut,” kata Griezmann dalam postingannya di Instagram.

“Saya menggunakan kesempatan ini untuk mengundang Huawei agar tidak hanya menyangkal tuduhan ini, tetapi mengambil tindakan nyata secepat mungkin untuk mengutuk penganiayaan massal yang terjadi, dan menggunakan pengaruhnya untuk berkontribusi dalam menghormati hak asasi manusia di masyarakat,” tambahnya. .

Pernyataan Griezmann ini muncul setelah firma riset pengawasan yang berbasis di Amerika Serikat, IPVM, mengatakan dalam sebuah laporan pada Selasa. Disebutkan, Huawei telah terlibat dalam pengujian perangkat lunak pengenalan wajah di China yang dapat mengirim peringatan ke polisi ketika mengenali wajah orang-orang Uighur.

Griezmann, striker berusia 29 tahun turut membantu timnas Prancis memboyong trofi Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia telah menjadi brand ambassador Huawei sejak 2017.

Seorang pakar di Industri Olahraga Eurasia, Simon Chadwick, mengatakan apa yang dilakukan Griezmann dengan mengakhiri kesepakatan sponsorship atas perusahaan China belum pernah terjadi sebelumnya di kalangan atlet.

Pos terkait

BACA JUGA