Demi Meningkatkan Perekonomian, Indonesia & UEA Sepakati Perjanjian IUAE-CEPA

Indonesia & UEA Sepakati Perjanjian IUAE-CEPA
Indonesia & UEA Sepakati Perjanjian IUAE-CEPA

123Berita.com – Indonesia dan Uni Emirat Arab resmi meluncurkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komperehensif Indonesia – Uni Emirat Arab (Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement/IUAE-CEPA). Dengan peluncuran perjanjian ini diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama antara dua negara tersebut.

“Peluncuran perjanjian tersebut diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama, terutama di sektor perdagangan dan investasi, sekaligus mendorong pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19,” ucap Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lufti dalam siaran yang ditayangkanmelalui kanal Youtube Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kamis (2/9).

Mendag Lutfi menjelaskan UEA merupakan mitra dagang yang strategis bagi Indonesia. Sehingga pemerintah ingin memanfaatkan momen untuk mengekspor produk lokal ke negara tersebut dalam Expo Dubai 2020 mendatang.

“Selain itu, langkah ini akan membuka peluang penetrasi produk Indonesia yang semakin besar dan luas, tidak hanya di kawasan Timur Tengah tetapi juga Afrika dan Eropa,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya peluncuran perundingan IUAE-CEPA ini juga upaya menjaga keharmonisan hubungan baik antar kedua kepala negara tersebut.

“IUAE-CEPA diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kedua negara melalui peningkatan akses pasar perdagangan barang, jasa, dan investasi. Selain itu, juga meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat kedua negara,” jelasnya.

BACA JUGA