Deng Jia Xi, Remaja Cantik yang Meregang Nyawa Diberondong Prajurit Myanmar

Deng Jia Xi, mengenakan kaos bertuliskan 'Everything will be ok' menjadi salah satu korban meninggal dalam aksi demonstrasi menentang kudeta militer Myanmar (Foto: The Telegraph)
Deng Jia Xi, mengenakan kaos bertuliskan 'Everything will be ok' menjadi salah satu korban meninggal dalam aksi demonstrasi menentang kudeta militer Myanmar (Foto: The Telegraph)

123berita.com – Nama Deng Jia Xi mendadak menjadi perbincangan netizen. Foto-fotonya berseliweran di beranda media sosial. Deng Jia Xi menjadi salah satu korban meninggal kebrutalan aparat keamanan Myanmar menangani pengunjuk rasa.

Dalam salah satu foto, gadis muda itu berjongkok di antara sesama pengunjuk rasa anti-kudeta. Ia menatap menantang pasukan keamanan Myanmar, mengenakan kaus hitam bertuliskan ‘Everything will be ok (Semuanya akan baik-baik saja-red)’. Beberapa menit kemudian, dia meninggal tertembak peluru tajam. Kehidupannya mendadak sirna hanya karena menuntut demokrasi.

Bacaan Lainnya

Pada foto lain terlihat tubuh Deng Jia Xi sudah tak bernyawa dengan darah mengalir dari kepalanya. Fotonya melengkapi banyak gambar tragis lainnya, mendokumentasikan puluhan korban kekerasan militer dalam aksi demonstrasi damai di Myanmar.

Deng Jia Xi dikabarkan baru berusia 19 tahun. Dalam postingan terakhirnya di Facebook pada Minggu, ketika sedikitnya 18 orang tewas dalam demonstrasi berdarah di Myanmar, Deng Jia Xi menawarkan untuk mendonorkan darahnya kepada siapa saja yang membutuhkan.

Postingan itu pun mendapatkan 127 ribu tanda ‘suka’ dalam beberapa jam, saat kabar kematiannya di Mandalay beredar di media sosial. Banyak pengunjuk rasa sekarang membubuhkan nomor kontak darurat dan golongan darah di lengan mereka, mengantisipasi jika terbunuh atau membutuhkan perawatan medis mendesak.

Melansir The Telegraph, Jumat (05/03/2021), Utusan Khusus PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener, mengatakan 38 orang telah tewas dalam tragedi berdarah Rabu (03/03/2021) lalu.

Pos terkait

BACA JUGA