Diburu Dunia hingga Diisukan Mati, Kim Jong-un Asyik Potong Pita Pabrik

123berita.com – Spekulasi tentang kabar Kim Jong-un akhirnya terkuak setelah sempat memicu perdebatan luas. Media pemerintah setempat mengabarkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) itu baru saja muncul di depan publik untuk kali pertama sejak 20 hari terakhir ‘menghilang’.

Kantor berita KCNA melaporkan KimJong-un hadir dalam peresmian pembukaan pabrik pupuk, Jumat (01/05/2020). Bahkan, dia sendiri yang melakukan pemotongan pita. Kehadirannya disambut gegap gempita para pekerja pabrik.

Melansir BBC News, Sabtu (02/05/2020), kemunculan Kim Jong-un ini adalah yang pertama sejak acara di media pemerintah pada 12 April 2020 lalu. Sosok kontroversial ini datang di tengah spekulasi global atas kesehatannya.

Kendati demikian, beberapa pihak menyebut laporan terbaru dari media Korea Utara ini tidak dapat dikonfirmasi secara independen. Media pemerintah merilis gambar yang katanya menunjukkan Kim memotong pita di luar pabrik.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), pada acara itu Kim didampingi beberapa pejabat senior Korea Utara, termasuk saudara perempuannya Kim Yo-jong. Pemimpin Korea Utara itu memotong pita dalam sebuah prosesi pembukaan pabrik di Utara Pyongyang.

Disebutkan, Kim mengaku puas dengan sistem produksi pabrik. Ia pun memujinya karena telah berkontribusi pada kemajuan industri kimia dan produksi pangan Korut.

Sementara itu, ketika ditanya tentang kemunculan Kim, Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum mau berkomentar.

Diberitakan sebelumnya, desas-desus soal kabar Kim Jong-un terus mencuat. Seorang pejabat Korea Selatan membantah jika Pemimpin Korea Utara itu tengah sakit parah pascaoperasi jantung. Ini bukan rumor kali pertama tentang kesehatannya yang memicu banyak spekulasi.

Melansir BBC News, Selasa (21/04/2020), Kim Jong-un baru-baru ini melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung pada 15 April 2020. Padahal, momen tersebut sejatinya merupakan salah satu acara terbesar tahun ini, menandai kelahiran pendiri negara.

Sebelumnya, Kim Jong-un tak pernah absen dari acara peringatan hari kelahiran kakeknya. Adapun kali ini, sangat tidak mungkin jika ia memilih untuk tidak muncul ke hadapan publik. Tak bisa dimungkiri, ketidakhadirannya telah memicu spekulasi dan rumor di kalangan internasional.

Kim Jong-un kali terakhir muncul di media pemerintah pada 12 April lalu “melakukan inspeksi pesawat ” dalam selebaran yang tidak bertanggal. Seperti biasa, foto-foto yang dipublikasikan menunjukkan dirinya dalam situasi santai dan nyaman. Sehari sebelumnya, Kim Jong-un terlihat memimpin rapat politik penting.

Media pemerintah juga tidak menyebutkan kehadirannya pada uji coba rudal yang dilaporkan pekan lalu. Padahal, Kim Jong-un biasanya hadir dalam momen tersebut.

author
Journalist & Content Writer