Diprotes Mirip Adolf Hitler, Amazon Buru-buru Ganti Logo Anyarnya

123berita.com – Raksasa marketplace Amazon baru saja mengubah logo aplikasi belanja utamanya setelah sempat memicu kontroversi. Desain anyar platform belanja online itu disebut mirip siluet diktator Adolf Hitler.

Diluncurkan pada Januari 2021, ikon itu menggambarkan strip pita biru di atas logo “senyum” Amazon. Namun, beberapa pengamat mengatakan pita itu mirip kumis sang pemimpin Nazi.

Bacaan Lainnya

Tak mau memicu kontroversi lebih lanjut, Amazon pun langsung mengubah desain logo anyarnya menjadi pita biru terlipat, mengikuti usulan pelanggan.

“Sayangnya bagi Amazon, visualisasi pita paket mereka pada logo asli akan segera dikaitkan sebagai kumis Hitleresque, karena bentuk itu selamanya tertanam di otak [bawah sadar] kita seperti itu, bukan asosiasi terbaik untuk merek yang ingin menciptakan kesenangan di depan pintu,” jelas Kepala Eksekutif Agensi Merek Coley Porter Bell, Vicky Bullen, dikutip dari BBC, Rabu (03/03/2021).

Sebelumnya, logo aplikasi yang muncul di smartphone dan tablet menunjukkan grafik troli belanja. Sementara desain baru menggambarkan paket Amazon berwarna coklat dengan senyum khas perusahaan dan pita warna biru.

“Kami merancang ikon baru untuk menghadirkan kegembiraan saat pelanggan memulai perjalanan belanja mereka di ponsel, seperti yang mereka lakukan saat melihat kotak kami di depan pintu,” kata pihak Amazon.

Sebelumnya, kritikan tentang logo anyar Amazon ramai berseliweran di media sosial Twitter. Seorang pelanggan men-tweet orangtuanya kerap menggunakan Amazon sebagai alternatif berbelanja.

Pos terkait

BACA JUGA