Diundur, Jadwal Asesmen Nasional (AN) Geser ke September 2021

123berita.com – Dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan target pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) diubah menjadi September hingga Oktober 2021.

Hal itu untuk memastikan agar persiapan logistik, infrastruktur, dan protokol kesehatan lebih optimal. Di samping itu juga digunakan untuk menyosialisasikan dan berkoordinasi lebih masif dengan pemerintah daerah.

“AN tetap perlu dilaksanakan. Kalau tidak, kita tidak bisa menghitung learning loss dan mengetahui mana saja sekolah-sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita. Inilah yang diinginkan Kemendikbud dan DPR,” jelas Mendikbud pada raker di Jakarta, Rabu (20/01/2021), membahas beberapa isu strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Menanggapi hal ini, Lestari Moerdijat dari Fraksi Nasional Demokrat mengingatkan Kemendikbud untuk melihat learning loss yang terjadi secara mendalam.

“Perlu survei mengenai learning loss itu sendiri dalam program AN. Apa yang terjadi selama Covid-19 terhadap pembelajaran kita?” ungkap Lestari, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kemdikbud.go.id.

Pada kesempatan ini, Nadiem Makarim kembali menekankan AN dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan. AN, menurutnya tidak sama dengan Ujian Nasional, baik dari sisi fungsi maupun substansi.

BACA JUGA