E-TLE bakal Diperluas, Polisi Siap Hilangkan Tilang di Jalan

JAKARTA, 123berita.com – Sejak akhir 2019 hingga saat ini, Korlantas Polri telah meluncurkan sekira 113 titik E-TLE di lima Kepolisian Daerah (Polda), yakni Polda Metro Jaya Jakarta, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Polda Jawa Timur. Kendati sistem E-TLE diterapkan, anggota polisi lalu lintas tetap berada di lapangan untuk penjagaan, pengaturan, pengawalan, dan patroli.

Apabila menemukan pelanggar yang dapat berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas dan tidak terjangkau kamera E-TLE, anggota wajib menindak sesuai amanat undang-undang (UU) untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Bacaan Lainnya

“Untuk penilangan yang bersifat stasioner tidak dilakukan lagi, kecuali ada kegiatan yang sangat darurat, seperti penghadangan pelaku curanmor, teroris, dan lain-lain,” terang Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, Jumat (29/01/2021), dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Menurut Kakorlantas Polri, gagasan ditiadakannya tilang langsung berupa tatap muka antara polisi dan pelanggar di lapangan sangat efektif karena dapat memberikan supremasi hukum, smart city yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan menuju pada tertib berlalu lintas. Selain itu juga mencegah terjadinya penyimpangan.

Pos terkait

BACA JUGA