Gara-gara Salah Terjemahan, Postingan Jimin BTS Bikin Heboh

123berita.com – Salah satu personel BTS, Jimin baru-baru ini bikin heboh di media sosial. Ya, gara-gara salah terjemahan dari layanan Google Translate, para fans sempat dibuat riuh.

Seperti diketahui, layanan terjemahan otomatis dari Google banyak digunakan netizen untuk membantu komunikasi dalam berbagai bahasa. Sayangnya, kerap kali hasil terjemahan tak cukup akurat sehingga malah tidak nyambung dengan konteks kalimat dan membuat orang salah sangka.

Hal itulah yang dialami Jimin. Ia baru saja jadi ‘korban’ layanan terjemahan otomatis Google dari postingannya di Twitter.

Berawal saat Jimin ingin memposting foto selfienya di akun Twitter @BTS_twt sembari memamerkan gaya rambut anyarnya pada 26 Juli 2020 lalu. Ia bermaksud menyapa fans setianya.

“Ini JiJinJung. Selamat malam, aku mencintaimu,” tulis Jimin di akun Twitter @BTS_twt, dikutip Koreaboo, Rabu (29/07/2020).

Tak disangka, layanan terjemahan otomatis Google membuat kalimat sapaan Jimin melenceng jauh dari maknanya. Google mengubah kalimat itu seolah Jimin tengah mengabarkan peristiwa gempa.

“Ini gempa bumi. Selamat malam,” tulis Jimin.

Dalam hal ini, layanan terjemahan Google mengartikan Jinjin (??) merupakan bahasa Korea yang berarti gempa bumi. Kontan saja postingan personel BTS itu membuat para fans jadi panik.

“Ya ampun gempa! Jimin, kau baik-baik saja?” tanya seorang fans dengan akun @xiantae_clair mengomentari cuitan Jimin.

Lain halnya dengan fans yang paham, mereka langsung mengklarifikasi jika hal ini terjadi karena kesalahan terjemahan Google. Kendati demikian, banyak pula yang menyebut gempa terjadi bukan karena kesalahan terjemahan.

Beberapa di antaranya berseloroh, Jimin memang pemicu gempa. Pasalnya, tiap kali Jimin memposting foto, hati fans langsung bergetar seperti terkena dampak gempa bumi.

“Ya ini gempa yang berasal dari getaran hatiku,” ujar seorang fans yang mengagumi sosok Jimin.

author
Journalist & Content Writer