Geger Israel Ubah Masjid Bersejarah Palestina Jadi Bar

123berita.com – Israel sepertinya tak henti membuat kontroversi. Belakangan negeri itu membikin geger dunia internasional dengan mengubah bangunan bersejarah Masjid Al Amar menjadi sebuah bar atau aula pesta pernikahan sejak 2019 lalu.

Seperti diketahui, Masjid Al Amar merupakan salah satu bangunan bersejarah Palestina dari abad ke-13 yang berada di Safed. Masjid itu berada di bawah otoritas Israel sejak 1948 silam.

Bacaan Lainnya

Surat kabar Al-Quds-Al-Arabi melaporkan bangunan ini awalnya diubah menjadi sekolah. Seiring berjalannya waktu, fungsinya pun kembali diubah menjadi pusat kampanye pemilu partai.

Sebelum menjadi bar, masjid ini juga sempat digunakan sebagai gudang pakaian. Gulf News mengabarkan masjid ini diubah menjadi bar dan aula pesta pernikahan oleh perusahaan yang berafiliasi dengan pemerintah Israel.

Menurut sejarawan setempat, Dr Mustafa Abbasi, Masjid Al-Ahmar dibangun pada 1276. Masjid ini memiliki nilai historis dan arsitektur langka.

“Masjid ini digunakan untuk berbagai hal, tetapi bukan sebagai tempat salat bagi umat Islam,” kata Abbasi, dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (17/07/2020).

Safed merupakan daerah yang pernah dihuni 12 ribu warga Palestina. Mereka kemudian diusir dari rumahnya oleh pemerintah Israel pada 1948.

Kabar tentang diubahnya masjid menjadi bar ini mencuat setelah Hagia Sophia kembali difungsikan menjadi masjid. Hagia Sophia adalah bangunan bersejarah yang menjadi simbol di Istambul Turki.

Sebagaimana ramai diberitakan, pekan lalu, Presiden Turki Erdogan mengumumkan hal ini setelah pengadilan tinggi memutuskan konversinya pada 1938 menjadi museum adalah ilegal. Erdogan melakukan ini dengan mengesampingkan peringatan internasional untuk tidak mengubah status monumen berusia hampir 1500 tahun yang dihormati Muslim dan Kristen itu.

Hagia Sophia akan kembali dipakai sebagai tempat ibadah mulai pekan depan. Sebelumnya, Amerika Serikat, Rusia, dan Yunani menentang keras perubahan status Situs Warisan Dunia UNESCO.

Erdogan juga mengatakan akan membebaskan Mesjid Al-Aqsa yang berada di kawasan sengketa Israel dan Palestina. Perubahan Hagia Sophia ini sempat mendapat kecaman keras dari kelompok tertentu di Israel dengan membakar bendera Turki.

Pos terkait

BACA JUGA