Geger Penemuan Gunung Emas di Kongo, Ribuan Warga Serbu Lokasi Tambang

123berita.com – Sebuah rekaman video warga ramai-ramai mengeruk emas belakangan viral di dunia maya. Dalam video yang beredar luas di media sosial terlihat puluhan penduduk desa menggunakan sekop atau alat sejenisnya, bahkan dengan tangan kosong menggali bijih emas di sebuah gunung.

Potongan video lainnya menunjukkan penduduk setempat mencuci logam kuning dari kotoran dan mengumpulkannya di wadah lain.

Bacaan Lainnya

Melansir Hindustan Times, Jumat (12/03/2021), demam emas di Provinsi Kivu Selatan Kongo ini telah menarik ribuan penambang datang ke lokasi tersebut. Tak ingin sesuatu terjadi, pihak berwenang Republik Demokratik Kongo (DRC) pun langsung bertindak dengan mengumumkan larangan aktivitas penambangan.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah di dalam deposit emas, membawanya ke rumah untuk dibersihkan dari kotoran dan mengekstraksi emasnya,” tulis seorang jurnalis lepas, Ahmad Algohbary di Twitter, memberi keterangan rekaman video unggahannya.

Sementara itu, Pejabat Pertambangan Provinsi Kivu Selatan, Venant Burume Muhigirwa, mengkonfirmasi penemuan bijih kaya emas di wilayah Luhihi telah menyebabkan demam emas.

Pos terkait

BACA JUGA