Gempa Dahsyat M 7 Guncang Turki, 4 Meninggal, Ratusan Luka

Wali Kota Izmir, Tunc Soyer, mengatakan kepada CNN sekira 20 bangunan ambruk. Izmir merupakan kota terbesar ketiga di Turki dengan sekira 4,5 juta penduduk. Menteri Dalam Negeri Turki men-tweet enam bangunan di Izmir hancur.

Sementara Gubernur Izmir, Yavuz Selim Kosger, mengatakan sedikitnya 70 orang telah dievakuasi dari reruntuhan. Dia menyebut, empat bangunan hancur dan lebih dari sepuluh bangunan ambruk, sementara lainnya rusak. Upaya pencarian dan penyelamatan pun terus berlanjut di setidaknya 12 bangunan.

Bacaan Lainnya

Gempa telah memicu tsunami skala kecil di distrik Seferihisar. Rekaman video beredar di media sosial menunjukkan puing-puing, termasuk lemari es, kursi, dan meja mengambang di jalan-jalan di atas air bah. Tampak pula sejumlah mobil terseret arus air hingga saling bertumpukan.

Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menyebut gempa berkekuatan 6,6 skala Richter, sedangkan Survei Geologi AS mengatakan gempa itu bermagnitudo 7,0. Bencana terjadi sekira pukul 11:50 GMT, dirasakan di sepanjang Pantai Aegean Turki dan wilayah Barat Laut Marmara.

Pos terkait

BACA JUGA