Gercep Tangani Covid-19, Kementerian PUPR Siapkan RS Darurat dengan 8800 Tempat Tidur

Ilustrasi perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit (Foto: Pixabay/Mufid Majnun)
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit (Foto: Pixabay/Mufid Majnun)

123berita.com – Mengurangi dampak fatal dari virus corona (Covid-19), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat tugas khusus menyediakan rumah sakit (RS) darurat dan tempat isolasi di 33 lokasi, tersebar di Ibu Kota Jakarta, Bandung, D.I. Yogyakarta, Semarang, Soloraya, Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung.

Dukungan fasilitas kesehatan ini diharapkan menambah kapasitas tampung pasien Covid-19 sebanyak 2.811 bed alias tempat tidur rumah sakit dan 5.989 bed isolasi.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan tugas yang diberikan pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit. Contohnya Asrama Haji di Pondok Gede, terdiri atas lima gedung yang telah diubah menjadi Rumah Sakit Darurat untuk penanganan Covid-19 dengan total hampir 900 tempat tidur, termasuk untuk menampung tenaga kesehatan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Penanganan Gedung Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit Covid-19 telah selesai sejak pertengahan Juni 2021 dengan total kapasitas 887 bed di ruang perawatan/isolasi dan 36 bed High Care Unit (HCU).

Melansir laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pu.go.id, Senin, 9 Agustus 2021, bangunan yang selesai dikonversi menjadi Rumah Sakit Darurat adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, dan  Gedung D5, termasuk sarana pendukung lingkungan.

Pos terkait

BACA JUGA