Google Meet Gratis Batasi Pengguna hingga 60 Menit Mulai 30 September

123berita.com – Google sempat mengumumkan pada April akan mengizinkan meeting alias rapat virtual tak terbatas dalam platform obrolan video Google Meet untuk semua pengguna hingga 30 September. Setelah jangka waktu itu, versi gratis Meet akan dibatasi untuk rapat tidak lebih dari 60 menit.

“Kami tidak memiliki apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promo dan fitur lanjutan yang akan berakhir,” kata juru bicara Google kepada The Verge melalui email pada Jumat (25/09/2020), dikutip Minggu (27/09/2020).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, siapa pun pemilik akun Google dapat membuat rapat gratis hingga seratus orang dan tanpa batas waktu.

Mulai 30 September besok, Google Meet juga akan menghentikan akses ke sejumlah fitur canggih untuk pelanggan G Suite dan G Suite for Education, termasuk mengizinkan rapat hingga 250 peserta, live streaming hingga 100 ribu orang dalam satu domain, dan kemampuan untuk menyimpan rekaman rapat ke Google Drive.

Fitur tersebut biasanya hanya tersedia untuk pelanggan di tingkat “perusahaan” G Suite dengan biaya US$25 atau sekira Rp373 ribu per pengguna per bulan.

Google Meet dan platform konferensi video lainnya telah mengejar peningkatan Zoom selama pandemi virus corona, di mana Meet melewati 100 juta peserta setiap hari pada April.

Tentu saja arti tenggat waktu ini bagi sebagian besar pengguna yang tak ingin meng-upgrade ke paket Meet berbayar harus membatasi panggilan konferensi hingga 60 menit atau kurang.

Pos terkait

BACA JUGA