Hari Ini Program Vaksinasi Covid-19 Gratis Dimulai, Jokowi Jadi Penerima Pertama

Presiden RI Joko Widodo saat menerima suntikan vaksin Sinovac di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/01/2021). (Dok. YouTube Setpres)
Presiden RI Joko Widodo saat menerima suntikan vaksin Sinovac di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/01/2021). (Dok. YouTube Setpres)

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan izin penggunaan dalam kondisi emergency (emergency use authorization) untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin CoronoVac produksi Sinovac Biotech Inc bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Kepala BPOM, Penny K Lukito dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (11/01/2021).

Bacaan Lainnya

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa vaksin tersebut halal dan suci.

“Terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience yang sertifikasinya diajukan Bio Farma, suci dan halal,” ungkap Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh, Jumat (08/01/2021).

Pemberian vaksin akan dilakukan pada sekira 181,5 juta penduduk Indonesia untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dengan prioritas pertama adalah para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Selanjutnya adalah petugas pelayanan publik serta kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas). Vaksinasi kepada kelompok usia lanjut akan dilakukan setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok tersebut.

Pos terkait