Hari Kesehatan Sedunia 2021: Dunia Lebih Adil dan Sehat

Ciptakan dunia adil dan sehat dalam peringatan hari kesehatan sedunia 2021, Rabu (7/4/2021). Foto: who.int

123berita.com – Setiap tahunnya, dunia memperingati Hari Kesehatan Dunia (World Health Day) pada 7 April. Peringatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah kesehatan global.

Tahun ini, Hari Kesehatan Dunia jatuh pada Rabu (07/04/2021) dengan tema bagaimana membangun dunia lebih adil dan sehat.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Hari Kesehatan Dunia mulai diperingati sejak First Health Assembly pada 1948. Tiap tahun tema diangkat dalam memperingati Hari Kesehatan Dunia merupakan masalah yang menjadi prioritas WHO, mulai dari perubahan iklim, kesehatan mental, serta kesehatan ibu dan anak.

WHO dalam situs resminya menuliskan bagaimana kesenjangan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Pihaknya juga menyoroti bagaimana pandemi Covid-19 dapat memperburuk kesenjangan tersebut bagi negara-negara yang belum memiliki kesempatan untuk hidup menjadi lebih baik.

“Dalam beberapa tahun terakhir, negara di bagian Pasifik Barat mengalami perkembangan ekonomi, migrasi, dan urbanisasi cepat. Ini menciptakan kesempatan untuk hidup lebih baik bagi banyak orang, namun ada pula yang tertinggal. Pandemi Covid-19 memangkas kemajuan tersebut, mendorong lebih banyak orang ke jurang kemiskinan dan kelaparan, serta semakin memperlebar kesenjangan gender, sosial, dan kesehatan,” tulis WHO.

Pada peringatan tahun ini, WHO mengajak seluruh pihak untuk mampu menghilangkan ketidakadilan itu dan mengajak orang untuk menciptakan dunia adil dan sehat.

“Pada Hari Kesehatan Sedunia kali ini, kami meminta aksi untuk menghilangkan ketidakadilan di sektor kesehatan. Ini adalah bagian dari kampanye global setahun bagaimana agar orang-orang bisa membangun dunia yang lebih sehat dan adil,” lanjutnya.

Hal ini tentu selaras dengan prinsip utama WHO, yaitu menikmati standar kesehatan tertinggi adalah salah satu hak dasar setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, keyakinan politik, kondisi ekonomi, dan sosial. (dev)

Pos terkait

BACA JUGA