Heboh Aplikasi MyHeritage, Bisa ‘Hidupkan’ Foto Orang Meninggal

123berita.com – Sebuah aplikasi edit foto, MyHeritage belakangan viral di kalangan pengguna seluler. Aplikasi ini terbilang cukup unik sebab dapat menganimasikan foto diam menjadi bergerak.

Saking banyaknya peminat, tercatat hanya dalam waktu dua pekan sebanyak 10 juta gambar hasil editan MyHeritage telah diunggah ke media sosial. MyHeritage menggunakan teknologi yang disebut Deep Nostalgia, dirilis pada 25 Februari lalu.

Bacaan Lainnya

Melansir Newsweek, Minggu (07/03/2021), Deep Nostalgia menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk membuat foto tampak bergerak, tersenyum, dan berkedip.

Para pengguna MyHeritage telah menggunakan aplikasi ini untuk ‘menghidupkan’ kembali kerabat mereka dalam bentuk animasi. Teknologi ini juga dapat diterapkan pada objek apa pun yang memiliki wajah, termasuk lukisan potret dan patung.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 4 Maret, MyHeritage mengklaim lebih dari 10 juta gambar/foto wajah telah dianimasikan menggunakan teknologi ini. MyHeritage menjadi aplikasi gratis paling banyak diunduh di Apple App Store di AS pada 4 Maret. Hal ini dipicu popularitas fitur tersebut.

Pihak perusahaan sendiri menyebut sebelumnya tidak banyak berharap Deep Nostalgia akan menjadi begitu populer. Bahkan, saking tingginya permintaan membuat fitur mengalami masalah stabilitas dalam beberapa hari pertama setelah dirilis. Namun kini, menurut mereka situasinya telah membaik.

Tak sedikit kalangan selebriti dan institusi menggunakan aplikasi MyHeritage. Tak ayal, hal ini semakin memicu popularitas aplikasi seluler tersebut di media sosial. Di Twitter misalnya, aktor Ian McKellen memposting foto penyair dan penulis drama Irlandia abad ke-19, Oscar Wilde yang telah dianimasikan menggunakan perangkat lunak tersebut.

Pos terkait

BACA JUGA