Indra Penciuman Hilang Akibat Covid-19? Begini Saran Ahli

“Untungnya, kebanyakan orang yang mengalami kehilangan bau akibat Covid-19 akan mendapatkan kembali indra penciumannya secara spontan,” sambung dia.

Efek samping steroid termasuk retensi cairan, tekanan darah tinggi, dan masalah dengan perubahan suasana hati dan perilaku. Sebaliknya, dalam makalah yang diterbitkan di jurnal International Forum of Allergy & Rhinology, para peneliti menyarankan pelatihan penciuman.

Bacaan Lainnya

Ini melibatkan mengendus empat hal yang memiliki bau khas, mudah dikenali, dan familier, misalnya, jeruk, mint, bawang putih, atau kopi dua kali sehari selama beberapa bulan.

Prof Philpott mengatakan penelitian menunjukkan 90 persen orang indra penciumannya pulih sepenuhnya setelah enam bulan. Jika tidak kembali, katanya, pelatihan penciuman membantu melatih kembali jalur penciuman otak untuk mengenali bau berbeda.

“Ini bertujuan untuk membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas, kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengimbangi perubahan atau cedera,” katanya. (and)

Pos terkait

BACA JUGA