Ini Daftar Vitamin dan Obat yang Bisa Dikonsumsi Saat Isolasi Mandiri

Ilustrasi Vitamin C (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Vitamin C (Foto: Pixabay)

JAKARTA, 123berita.com – Kasus Covid-19 di Indonesia yang kian meningkat membuat kita perlu waspada. Nah, bagi kamu yang tengah menjalani isolasi mandiri tentunya perlu terus menjaga imunitas. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan kaya nutrisi ya, 123readers.

Kalian tentu sudah tahu dong Gengs, makanan kaya nutrisi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah atau mengobati Covid-19. Khusus bagi individu atau keluarga yang tengah menjalani isolasi mandiri perlu memerhatikan beberapa asupan.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, terdapat vitamin bagi pasien Covid-19 yang bisa membantu melawan virus corona. Lantas, apa saja sih vitamin atau suplemen untuk pasien Covid-19? Berikut ulasannya, dikutip dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews yang disarikan dari Buku Saku ED. 2 Protokol Tata Laksana Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan.

Macam vitamin yang bisa dikonsumsi saat isolasi mandiri

1. Vitamin C (untuk 14 hari) dengan pilihan:

– Tablet Vitamin C nonacidic 500 mg/6-8 jam oral (untuk 14 hari)

– Tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral (selama 30 hari)

– Multivitamin yang mengandung vitamin C 1-2 tablet/24 jam

(selama 30 hari),

– Dianjurkan multivitamin yang mengandung vitamin C,B, E, dan Zink

2. Vitamin D

– Suplemen: 400 IU-1000 IU/hari (tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, sirup)

– Obat: 1000-5000 IU/hari (tersedia dalam bentuk tablet 1000 IU dan tablet kunyah 5000 IU)

3. Obat tradisional (Fitofarmaka) maupun Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang terintegrasi BPOM dapat dipertimbangkan dengan tetap memerhatikan kondisi klinis pasien

4. Obat-obatan yang memiliki sifat antioksidan

Pos terkait

BACA JUGA