Inspiratif! Masjid Jogokariyan Galang Dana Beli Kapal Selam, Ide Muncul dari Anak-anak TPA

Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta buka penggalangan dana untuk beli Kapal Selam baru pengganti KRI Nanggala-402. Foto: instagram.com/masjidjogokariyan

YOGYAKARTA, 123berita.com – Pascainsiden nahas KRI Nanggala-402, Masjid Jogokariyan Yogyakarta melakukan penggalangan dana untuk membeli kapal selam baru. Ide fantastis ini bermula dari anak-anak TPA di Masjid Jogokariyan.

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir, mengungkapkan mulanya mereka berniat memberikan sumbangan bagi keluarga awak kapal, Minggu (25/4/2021). Tak disangka, di sela diskusi, anak-anak TPA menanyakan harga kapal selam baru.

Bacaan Lainnya

“Awal mula kami berdiskusi untuk memberikan sumbangan bagi keluarga dari awak kapal. Di sela diskusi ada anak-anak yang tanya kalau beli kapal selam sekalian berapa? Saya bilang harga kapal selam terakhir dari PT PAL Alugoro itu hanya Rp1,5 triliun. Sangat bisa jika semua masyarakat terketuk,” ungkap Jazir saat ditemui wartawan, Selasa (27/04/2021).

Sore itu pula, anak-anak tergabung dalam Himpunan Anak-anak Masjid (Hamas) langsung menggalang dana di pasar sore Kampung Ramadan Jogokariyan. Hanya dalam waktu dua jam, anak-anak TPA mampu mengumpulkan dana sebanyak Rp6,5 juta.

“Kami kumpulkan lagi malamnya mendapatkan Rp15 juta dan kami berikan untuk keluarga awak kapal,” lanjut Jazir.

Jazir yang melihat respons positif masyarakat hari itu, akhirnya membuka rekening dikhususkan untuk penggalangan dana pada Senin (26/04/2021). Pihaknya juga meng-upload di akun Instagram resmi Masjid Jogokariyan dan mendapat respons positif pula.

Pos terkait

BACA JUGA