Jadi Destinasi Wisata Superprioritas, Borobudur bakal Punya Area Concourse dan Plaza

Candi Borobudur (Foto: Pixabay)
Candi Borobudur (Foto: Pixabay)

MAGELANG, 123berita.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR akan membangun area concourse dan plaza di kompleks Candi Borobudur untuk mengurangi beban batuan candi. Sebagai destinasi wisata superprioritas, wilayah tersebut harus diimbangi dengan penyelamatan bangunan cagar budaya.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jawa Tengah. Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris mengatakan, secara teknis jalur concourse dan plaza bertujuan agar beban candi dapat terbagi karena keramaian akan terpecah.

Bacaan Lainnya

“Agar wisatawan tidak semuanya naik ke atas Candi Borobudur karena semakin lama batu candi akan berubah posisi akibat beban pengunjung, dan dikhawatirkan akan rusak. Dengan adanya jalur concourse dan plaza, pengunjung cukup berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur langsung di jalur tersebut. Jadi, harapannya pengunjung tidak perlu naik ke atas candi,” jelasnya, Rabu (12/08/2020).

Singgih Raharja menerangkan, pembangunan jalur concourse dan plaza terkait dengan program pemerintah, yakni menjadikan kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata superprioritas.

“Hal itu tentunya akan dapat mengundang lebih banyak wisatawan ke kawasan Borobudur, termasuk ke Candi Borobudur. Oleh karenanya perlu langkah antisipasi agar kondisi Candi Borobudur tetap baik-baik saja,” ungkap dia.

Adapun pelaksanaan pembangunan area concourse dan plaza di kompleks Candi Borobudur akan dilaksanakan pada Oktober 2020.

“Dijadwalkan awal Oktober, satu paket kontrak dengan pembangunan tiga gerbang dan akses Budaya Mendut, Pawon, Borobudur. Pelaksanaan pembangunannya juga bareng atau pararel,” papar Singgih Raharja, dilansir dari laman Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id.

Pos terkait

BACA JUGA