Joan Laporta Terpilih Lagi Jadi Presiden Barcelona, Warisi Banyak Hutang

123berita.com – Joan Laporta kembali terpilih sebagai presiden klub Barcelona pada Minggu (07/03/2021) waktu setempat. Ia pun diharapkan mampu membawa tim Blaugrana keluar dari krisis kelembagaan dan keuangan.

Melansir The Guardian, Senin (08/03/2021), Laporta yang menjadi presiden Barça antara 2003 dan 2010, memenangkan 57,6% suara dengan lebih dari 99% suara dihitung. Sementara Victor Font berada di urutan kedua dengan 31,8% dan Toni Freixa di posisi ketiga dengan 9,1%.

Laporta menggantikan Josep Maria Bartomeu yang mengundurkan diri sebagai presiden pada Oktober guna menghindari mosi tidak percaya dari para anggota. Mereka menolak kepemimpinan Bartomeu setelah Lionel Messi berkeinginan meninggalkan klub Agustus lalu. Tak hanya itu, Barcelona juga dikalahkan Bayern Munich 8-2 di ajang Liga Champions.

Messi termasuk di antara beberapa pemain Barca yang memberikan suara dalam pemilihan sehari setelah menang 2-0 di Osasuna untuk menempati posisi kedua di La Liga. Barça mengatakan 51.765 dari 109.531 anggota yang memenuhi syarat telah memberikan suara dalam pemilihan. Ajang ini sempat ditunda karena pembatasan virus corona di Catalonia.

Laporta terpilih kali pertama pada 2003 dan memimpin periode emas dalam sejarah klub. Kala itu Barcelona berhasil menyabet empat gelar juara La Liga dan dua kemenangan Liga Champions. Dia memenangkan masa jabatan kedua tanpa lawan pada 2006. Setelah itu kepemimpinannya terhenti lantaran undang-undang klub mencegahnya untuk menduduki jabatan ketiga pada 2010.

BACA JUGA